Pemilihan Ulang RT oleh Lurah seberang Palinggam Kec. Padang Selatan Kota Padang dipertanyakan oleh Masyarakat Setempat.

Pemilihan Ulang RT oleh Lurah seberang Palinggam Kec. Padang Selatan Kota Padang dipertanyakan oleh Masyarakat Setempat.

Gemantararaya.com Padang. 17 08 2020.

Bertepatan dengan HUT RI Ke-75 yang seyogianya diisi dengan kegiatan kemeriahan menyambut hari kemardekaan, namun dikelurahan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan Kota Padang berlangsung Pemilihan Ulang Ketua RT. Ada 3 RT yang dilakukan pemilihan ulang di Kelurahan Seberang Palinggam, yakni RT 03.RT.05.RW 01 dan RT 04 di RW 04

Awak media Gemantararaya.com meliput kegiatan Pemilihan Ketua RT hari Senen tgl 17-08-2020 yang diadakan di SDN 34 Seberang Palinggam, dihadiri oleh Lurah yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kel. Seberang Palinggam ibu Zataneli dipanggil Ibu Inta, Babinsa, Babinkantibmas dan warga RT 05 RW 01 Kel. Seberang Palinggam.

Menurut Ibu Inta Kasi Pemerintahan “alasan pemelihan ulang Ketua RT yang mana Pemilihan sebelumnya tanggal 09 Juli 2020, tidak sesuai dengan ketentuan PERDA Kota Padang No. 09 Tahun 2017, Pasal 13 huruf F bahwa untuk menjadi pengurus RT, berpendidikan serendah-rendahnya tamatan SMA/Sederajat, nah itu pegangan kita sehingga Pemilihan 3 RT ini diulang”ungkap ibu zataneli.
Ditambahkan oleh Ibu Intan, bahwa Persyaratan wajib calon Ketua RT ber-ijazah SMA/Sederajat, pihak Kelurahan sudah menyampaikan ini kepada LPM dan Panitia Pemilihan RT sebelumnya namun tidak dilaksankan oleh Panitia, ungkap ibu Intan

Awak media juga menanyakan apabila warga disuatu RT semua calon tidak ada yang tamat SMA, apa bisa untuk dipilih, jabawan ibu Intan “ Apabila di suatu RT tidak ada yang tamatan SMA, pemilihan bisa walaupun calon Ketua RT tamat SMP atau SD, bisa-bisa saja dan tidak kaku dengan peraturan tersebut” ungkap Kasi Pemerintahan Kel. Seberang Palinggam.

Pak Tindik warga RT 05 menjelaskan bahwa Kami warga RT 05 RW 01 kelurahan seberang Padang tidak setuju dengan pemihan ulang ketua RT, Warga dibuat bingung oleh Pihak Kelurahan sedangkan penunjukan RT merupakan dipilih oleh Warga, kami warga RT 05 sebanyak 37 KK juga sudah membuat Surat Pernyataan kepada Pak Lurah agar Pemilihan Ulang dibatalkan dan dilantik saja Ketua RT yang terpilih karena Mayoritas warga memilih, namun tanggapan kami tidak di gublis dan selanjutnya kami sudah melaporkan hari Jumat tgl 14/08/2020 kepada Komisi 1 DPRD Kota Padang tentang hal ini dan direspon Positif oleh Anggota Dewan bahwa Pemilihan RT tersebut syah dan benar, ungkap Tindik.

Ditempat yang sama juga Media menanyakan kepada Warga yang berinisial Pak. Tindik, tentang pemilihan ulang RT,” Saya sangat kecewa dengan Pemilihan Ulang RT ini, seakan-akan Lurah mengambil kendali, dipemilihan Ulang RT, tidak ada Ketua Panitia Pemilihan dan LPM, dan yang menggelikan pemilihan RT hanya main tunjuk, tidak ada membacakan Tatib pemilhan, Syarat-Syarat Calon Ketua dan perangkat RT seperti Sekretaris dan Bendahara RT main tunjuk saja tanpa persetujuan dari Ketua RT terpilih” ungkap Tindik.

Ditempat terpisah Awak Media juga menanyakan kepada Agus M,salah satu Tokoh Pemuda warga Keluran seberang Palinggam, Agus menceritakan bahwa Warga dan Ketua RT terpilih pada hari Jumat tgl 14/08/2020 sudah melaporkan hal tersebut kepada Anggota DPRD Kota Padang. Komisi 1 DPRD Kota Padang merespon dan berjanji akan menindaklanjuti hal ini dan hari Selasa besok akan di Panggil Camat dan Lurah untuk menanyakan hal tsb, karena keinginan warga tidak ingin pemilihan ulang dan pelantikan RT terpilih dilanjutkan. Namun Pihak Kelurahan sengaja mempercepat pemilihan ulang RT tersebut, tutup Agus

Melalui sambungan Telepon Gengam, Media menghubungi Ketua LPM Kel. Seberang palinggam, Bpk Jarot Hulu. Menurut Jarot Hulu bahwa Pemilihan Ulang RT yang saat ini dilaksanakan oleh Lurah Seberang Palinggam belum dimusyawarahkan kepada LPM dan Panitia Pemeilihan, hanya sepihak Lurah yang melaksankannya. Sambung Jarot, “Apabila Lurah Seberang Palinggam menjalankan Perda No. 09 tentang Syarat wajib Lulus SMA/Sederat, kenapa syarat yang lain tidak dijalankan seperti calon RT dan RW Cuma bias dipilih selama 2 periode, nyatanya masih banyak yang diatas 2 periode namun Lurah tidak mewajibkan, jadi Nampak disini Lurah menjalankan Perda hanya setengah setenga”tutup Jarot.

Team (P/D)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*