‌Khenoki Waruwu – Era Era Hia Harapan Masyarakat Nias Barat

‌Khenoki Waruwu – Era Era Hia Harapan Masyarakat Nias Barat

Gemantararaya-Nias Barat

Peta perpolitikan di Nias Barat mengalami pergeseran yang mendasar semenjak diadakannya pemilihan Bupati sejak Pemekaran Kabupaten Nias Barat dari Kabupaten Nias, dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung. Rakyat mempunyai kesempatan untuk memilih pemimpin secara langsung.
Sekarang kita telah mempunyai Bupati Dan wakil Bupati yang telah dipilih secara langsung oleh rakyat, namun demikian kondisi masyarakat masih belum berubah ke arah yang lebih baik dengan datangnya Khenoki-era era adalah harapan semua elemen. Bersih, unggul dan maju menjadi Patokan untuk kemajuan Nias Barat 5 Tahun kedepan.

Perlu diapresiasi atas kinerja-kinerja Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang Sudah Mulai berbenah Mulai dari Pembangunan Puskesmas, Pustu, Gedung sekolah, Gedung Kantor, Infrastruktur yang menghubungkan dari Desa Ke Kecamatan dan dari Kecamatan ke Kabupaten.

Untuk melanjutkan pembangunan yang bersih, unggul dan maju harus mempunyai pemimpin yang mengerti dengan keadaan Nias Barat dewasa ini, berani mengambil keputusan (Decision making) dan mengambil kebijakan publik kearah yang lebih baik (Public Policy) sehingga kedepan bisa terwujud Pemerintah yang baik (Good Government) transparan, akuntabel, efisien dan efektif.

Mengapa kita masih belum mempunyai seorang sosok pemimpin ideal yang membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat? Mungkinkah tidak ada lagi pemimpin yang memiliki integritas dan kemampuan kepemimpinan yang baik yang tidak hanya memikirkan kepentingan diri dan kelompoknya semata. Kita semua pastinya merindukan seorang pemimpin yang bisa menjawab apa yang di inginkan masyarakat, berani memutuskan demi kepentingan bersama tanpa ada pengaruh-pengaruh dari luar. Jawabannya adalah dengan ada Paslon Khenoki-Era Era yang bisa mewujudkan hal ini.!

Banyak pemimpin lupa daratan ketika sudah menduduki jabatan politik itu tanpa memperdulikan kenginan bersama hanya untuk dirinya sendiri maka yang kita harapkan adalah ketika terpilih bisa menjadi contoh dan agen Bersih, Unggul dan Maju tanpa membedakan suku, agama, ras maupun afiliasi partai politik. Berpihak kepada rakyat dan bukan hanya berpihak kepada pengusaha-pengusaha/ orang-orang yang konglomerat saja. Yakin dan percaya dengan Mendapatkan Mandat dari rakyat 09 Desember 2020 Paslon Khenoki Era Era bisa mewujudkan keperpihakan kepada rakyat.

Dengan demikian Banyak Calon Pemimpin hanya mengumbar janji tanpa Ada aksi, tahun 2020 “KHENOKI-ERA ERA” dengan Slogan “BERSIH, UNGGUL DAN MAJU “ adalah Harapan semua elemen masyarakat yang bisa membawa Nias Barat kedepan lebih baik dari sebelumnya.
Latar belakang calon pemimpin
Rakyat sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan latar belakang calon kepala daerah, baik sipil atau militer, artis atau birokrat, tua-muda, pria maupun wanita. Yang jadi kepedulian rakyat adalah sosok pemimpin yang bisa menyelesaiakan masalah tanpa retorika belaka tanpa ada aksi semata, mampu berakyat turun ke bawah melihat langsung apa yang sesungguhnya di butuhkan oleh masyarakat itu, dan pemimpin mampu menjawab dan menyelesaiakan masalah yang sedang di hadapi oleh masyarakat tujuannya adalah agar mampu membawa mereka ke dalam kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera.

  1. Khenoki Waruwu
    Khenoki Waruwu lahir di Hiliwaele, 05 Juni 1965 Kecamatan Moro’o dari keluarga yang sederhana, dengan kesungguhan dan kegigihannya memulai karir Politik pada tahun 2004 lolos menjadi DPRD Kabupaten Nias, Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat pada Tahun 2009, dan 2014, pada tahun tahun 2016 yang lalu lolos menjadi Wakil Bupati Nias Barat Periode 2016-2021, dan saat ini Mencalonkan diri Menjadi Calon Bupati Nias Barat Periode 2021-2024
  2. Dr. Era Era Hia, MM., M.Si
    Dr. Era Era Hia, MM., M.Si. lahir di Fadoro, 19 Februari 1974 Kecamatan Sirombu, Era Era Hia, aktifitas sehari-hari adalah sebagai tenaga Pengajar dari berbagai Universitas ternama di Jakarta. Era-era Hia mempunyai Motto Hidup yaitu ingin mengabdi dan menginplementasi ilmu dan pengalaman untuk kemajuan Nias Barat kedepan.

Visi-Misi KHENOKI-ERA ERA
Program-Program Unggulan KHENOKI WARUWU-ERA ERA HIA pada saat menyampaikan Visi-misi depan Masyarakat atau Deklarasi pada tanggl 05 September 2020 di Posko Khenoki-era era adalah merupakan suatu target untuk menjawab Tantangan yang sedang di alami masyarakat pada saat ini, dengan Harapan apabila Rakyat Nias Barat memberikan mandat untuk memimpin Nias Barat tahun 2021-2024 itulah yang Paslon Khenoki-Era Era kerjakan.

VISI
TERWUJUDNYA NIAS BARAT YANG BERSIH, UNGGUL DAN MAJU (Bersih dari suap / korupsi, kolusi dan nepotisme, UNGGUL dalam pelayanan publik dan Pemerintahan serta MAJU dibidang Ekonomi dan Pembangunan.

MISI

  1. Membangun sistem manajemen pemerintahan daerah yang baik, transparan, profesional, dan bersih dari suap / KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME.
  2. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah serta Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh aspek kehidupan masyarakat.
  4. Mengembangkan ekonomi masyarakat yang berbasis agrominawisata (pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata) dan ekonomi kreatif.
  5. Meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar (jalan, jembatan, gedung sekolah, puskesmas, rumah sakit, instalasi air bersih).
  6. Mengembangkan inovasi daerah dalam rangka meningkatkan kualitas daya saing daerah, masyarakat dan pelaku pembangunan lainnya.
  7. Meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dan masyarakat yang lebih maju.
    Arah Kebijakan dan Program Unggulan
  8. Pembangunan/perbaikan sistem manajemen pemerintahan daerah yang berbasis E-Government dan dan teknologi informasi.
  9. Peningkatan kualitas/kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN)/Guru Honor Daerah (GURU HONDA)/tenaga honorer lainnya dalam rangka efektivitas, transparansi dan mencegah SUAP / KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME (KKN).
  10. Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Jaringan Air Bersih.
  11. Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan bak sampah desa/pasar pekan.
  12. Pembangunan sanitasi sekolah/tempat ibadah.
  13. Pelayanan prima dan unggul atas semua pelayanan publik (layanan administrasi kependudukan, layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan perijinan dan layanan lainnya).
  14. Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK), Pusat Pendidikan dan Bimbingan Belajar.
  15. Pembangunan dan peningkatan kualitas infrastruktur dasar (jalan, jembatan, gedung sekolah, puskesmas, rumah sakit). Serta pengadaan alat-alat berat (beko/excavator) untuk mendukung percepatan pembangunan.
  16. Pembangunan sarana dan prasarana di bidang pengembangan pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan pariwisata.
  17. Pembangunan objek wisata baru, desa wisata, taman rekreasi dan sanggar budaya.
  18. Pengembangan ekonomi kreatif masyarakat dan pusat kuliner.
  19. Revitalisasi dan pengembangan pasar-pasar tradisional.

Dari Visi-misi diatas baik tekstual Dan kontekstualnya sangat Pro dengan kehidupan masyarakat Nias Barat pada saat ini, Visi misi ini adalah harapan baru untuk mewujudkan bersih, unggul dan maju Nias Barat kedepan.
Harapan Khenoki-Era mengajak mari Membangun sinergitas
Dalam mewujudkan good governance ada tiga pilar: lembaga-lembaga penyelenggara pemerintahan (public governance) pihak swasta/dunia usaha (corporate Governance), dan masyarakat sipil (civil society) dengan hubungan ketiganya dan aturan main harus berdasar kesepakatan melalui cara yang demokratis. Dengan terpilihnya kedepan Paslon Khenoki-Era era, Pemerintah Harus membangun rasa kepercayaan masyarakat terhadap Negara/lembaga Negara. Sehingga Negara dapat memperoleh legitimasi masyarakat dan akuntabel. Akan tetapi akhir-akhir ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Negara semakin menurun karena seiring dengan kasus-kasus yang melilit lingkaran birokrasi yang tidak demokrasi.
Oleh karena itu peran lembaga DPRD, dunia usaha, dan masyarakat sipil (sivil society) untuk mewujudkan good governance yang seutuhnya dari ketiganya itu harus saling berpartisipasi satu satu sama lain dengan melakukan kolaborasi antar sesama. Sehingga semua elemen (individu, masyarakat madani, lembaga-lembaga masyarakat, dan pihak masyarakat) harus saling tahu apa yang dilakukan oleh pelaku lain dan adanya ruang dialog, agar para pelaku saling memahami perbedaan diantara mereka. Melalui proses tersebut tumbuh konsensus dan sinergitas dalam masyarakat.
Dengan demikian marilah kita saling membangun Nias Barat tanpa ada politik busuk, dengan ada kesinergitas semua pihak, karena yakin, apabila kita semua bergandengan tangan dan saling mendukung proses pembangunan di Nias Barat akan terwujud dengan baik.
Akhir kata, Khenoki Waruwu-Dr. Era Era Hia, MM., M.Si. Harapan semua elemen masyarakat yang bisa membawa kesejahteraan masyarakat 5 Tahun kedepan. Tolak Politik Uang Ciptakan Pemimpin Bersih, unggul dan Maju!!!
Salam Juang…!!!

Netieli Gulo, S.AP

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*