Pemdes Pasirangin Apresiasi razia masker oleh Pol-PP di wilayahnya

Pemdes Pasirangin Apresiasi Razia Masker oleh POL-PP di wilayahnya

Gemantararaya.com(Kab.Bogor), Penyebaran virus Corona yang masih sangat masif di Indonesia, menyebabkan rasa keprihatinan dan kekuatiran ditengah masyarakat.

Disisi lain, kekuatiran dan keprihatinan terus merebaknya pandemi Covid-19, ini tidak sebanding dengan kesadaran masyarakat, terkait pentingnya mematuhi protokoler kesehatan untuk memutus penyebarannya virus Corona ini.

Gencarnya himbauan pemerintah, juga pemberitaan berbagai media beserta baliho atau spanduk soal pentingnya mematuhi 3 M, Memakai masker, Mencuci tangan,. Menjaga jarak, tak kunjung terlihat dampaknya dalam aktivitas sehari-hari masyarakat.

Untuk lebih menyadarkan warga akan hal tersebut, pihak Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam hal ini Satpol-PP nya dalam bulan September ini kembali aktif melakukan razia khususnya di 12 Desa Se- Kecamatan Cileungsi.

Hari Rabu tanggal 9 September 2020, bekerjasama dengan Pemdes Pasir Angin, anggota Satpol-PP melaksanakan razia masker di dijalan raya depan kantor Desa. Kasie Satpol-PP Kecamatan Cileungsi Suryadi, S.Sos, memimpin langsung razia tersebut dibantu anggota Linmas Desa Pasir Angin , Babinsa, Babhinkantibmas dan juga beberapa personil Polsek Cileungsi.

Terhadap warga pelanggar yang terjaring tidak memakai masker, langsung diarahkan kemeja team operasional, didata, lalu langsung diambil tindakan sanksi, sebagai bentuk penindakan untuk meninggalkan efek jera.

Ada yang dapat sanksi menyapu jalan, push up, mengucapkan sila-sila Pancasila ataupun menyanyikan lagu Indonesia raya, dengan terlebih dahulu dikalungkan tulisan pelanggar PSBB tidak memakai masker. Sebelum diizinkan pergi warga diberikan dan dipakaikan masker dan diingatkan selalu memakai masker, jika keluar rumah.

Terkait razia di wilayahnya Kepala Desa Pasir Angin Ismail HS, kepada para awak media, menyatakan hal yang sangat positif dan mengapresiasi pihak Kecamatan Cileungsi yang menjadwalkan kegiatan razia ini. Tujuannya bukan memberikan sanksi, toh Sanksinya normatif, tapi upaya menyadarkan dan mengedukasi warga.

“Hal ini juga telah saya sampaikan ketika rapat di Kecamatan, betapa pentingnya, sosialisasi langsung dan mengedukasi warga pentingnya mematuhi gerakan 3 M, salah satunya ya memakai masker”ujarnya

“Barang bermanfaat kalau tidak dimanfaatkan tentu tidak menghasilkan kebaikan. Masker menjadi barang yang sangat bermanfaat saat pandemi ini tapi kalau tidak dimanfaatkan atau digunakan tentu tidak ada gunanya. Intinya kita mengharapkan kesadaran warga, khususnya warga Desa Pasir Angin, mematuhi aturan ini demi kepentingan kita semua nya” ujarnya lagi

Terkait gerakan Bogor bermasker dan gerakan setengah milyar masker dari Kemendes yang pengadaan masker untuk warga dialokasikan dari Dana Desa (DD), kita siap sesuai dengan ketersediaan angggaran yang ada, kita akan siapkan 10.000 pcs.

“Urgensinya adalah kesadaran warga untuk memakainya. Kita lihat dalam Banprov kemarin, kita dapat 1.500 paket yang didalamnya masing masing berisi 5 pcs masker, berarti warga kita dah dapat 7.500 pcs masker, tapi saya selaku Kepala Desa, tak melihat warga memakainya” ujar Ismail

“Jadi sekalipun kita menyiapkan ratusan ribu masker, kalau edukasi itu belum menyentuh warga ya sia-sia dana yang kita alokasikan. Tapi mudah-mudahan warga Desa Pasir Angin, selalu patuh protokoler kesehatan khususnya memakai masker” harapnya optimis.(Tim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*