Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati & Wakil Bupati Nias Utara, Sesuai Dengan PKPU 13 Tahun 2020

Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati & Wakil Bupati Nias Utara, Sesuai Dengan
PKPU 13 Tahun 2020

Gemantararaya.com (Nias Utara) Pelaksanaan tahapan pengundian nomor urut pasangan calon dan kegiatan deklarasi pemilihan dan penandatanganan pakta integritas pada pemilihan bupati dan wakil bupati Nias Utara tahun 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum Nias Utara sesuai dengan PKPU 13 Tahun 2020, Kamis (24/9)

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Gereja BNKP Jema’at Yubelium Hilimaziaya Resort 31, Jl. Bogali – Lotu Hilindruria Desa Maziaya Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara, dihadiri oleh Ketua dan Komisioner KPU Nisut, Paslon bupati dan wakil bupati Nias Utara, Tim penghubung masing-masing pasangan calon, Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Nias Utara.

Sebelum acara dimulai Ketua KPU Nias Utara Evorianus Harefa, SH menjelaskan bahwa merujuk terbitnya PKPU 13 Tahun 2020 dini hari tentang perubahan kedua atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam corona virus disease 2019 (covid-19), diberitahukan bahwa yang boleh hadir dalam pengundian nomor urut paslon adalah :

Pasal 55 (a),

  1. Pasangan Calon;
  2. 2 (dua) orang perwakilan Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai dengan tingkatannya;
  3. 1 (satu) orang Penghubung Pasangan Calon; dan
  4. 7 (tujuh) atau 5 (lima) orang anggota KPU
    Provinsi, atau 5 (lima) orang anggota KPU Kabupaten/Kota.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Utara, Memori Zendrato, S.Pd.K.,M.A mengatakan
saya menyambut baik kegiatan pelaksanaan pengundian nomor urut dan penandatanganan pakta integritas paslon bupati dan wakil bupati Nias Utara tahun 2020, semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dengan menerapkan protokoler kesehatan,” ujarnya

Nomor urut yang ditetapkan hari ini akan menjadi bahan untuk mensosialisasikan pasangan calon kepada masyarakat, “terangnya.

Ketua KPU Nias Utara, Evorianus Harefa, SH menjelaskan bahwa sesuai dengan hasil penetapan paslon bupati dan wakil bupati Nias Utara kemarin (Rabu,23/09/2020) menetapkan 2 (dua paslon) yaitu pasangan calon Marselinus Ingati Nazara, A.Md – Ir. Otorius Harefa, dan Amizaro Waruwu, S.Pd – Yusman Zega, A.PI, M.Si, “jelasnya

Selanjutnya, saya berharap hari ini tahapan pelaksanaan pengundian nomor urut bisa berjalan dengan lancar dan seluruh saudara – saudari, masyarakat Nias Utara bisa menyaksikan melalui siaran langsung facebook KPU Kabupaten Nias Utara semua proses pengundian nomor urut ini, “harapnya

Ditambahkannya, pada kesempatan ini juga kita akan melaksanakan penandatangan pakta integritas kepatuhan terhadap protokol kesehatan covid-19, ini sesuai dengan PKPU No.10 tahun 2020 tentang perubahan PKPU No.6 tahun 2020 bahwa paslon harus menandatangi pakta integritas yang mengatakan bahwa akan mematuhi protokol kesehatan covid-19 dalam semua pelaksanaan tahapan pilkada tahun 2020.

Kemudian juga kita akan deklarasi kampanye damai bersamaan dengan pengundian nomor urut mengingat karena situasi covid-19 sesuai dengan instruksi dari KPU tujuannya untuk menghindari massa yang banyak dalam mencegah penularan covid-19, “tutup Ketua KPU seraya membuka secara resmi rapat pleno terbuka pengundian nomor urut paslon.

Paslon M. Ingati Nazara dalam sambutannya mengatakan kami dari pasangan Ingati-Otorius akan tetap komitmen apa yang telah kita sepakati, apa yang telah kita tanda tangani bersama didalam melaksanakan rangkaian-rangkaian acara ke depan untuk tetap taat pada protokol kesehatan. Dan atas nama paslon Ingati – Otorius mengucapkan terimakasih banyak, semoga perjalanan yang akan kita tempuh selalu taat protokol kesehatan dan Tuhan Yesus memberkati, “imbuhnya.

Paslon AMAN, yang diwakili oleh Yusman Zega mengatakan merupakan sejarah bagi Nias Utara pada hari ini, kita telah menentukan seperti apa Nias Utara ke depan yang diawali dengan pencabutan nomor urut pada hari ini. Ini merupakan gambaran bahwa kehidupan demokrasi di Nias Utara berjalan dengan baik, sesuai dengan mekanisme, aturan dan dilaksanakan dengan tertib sebagaimana yang kita harapkan. Dan kami paslon AMAN yang kebetulan mendapatkan nomor urut 2 (dua), ini bukan rekayasa, ini bukan yang diatur tapi ini adalah berkat dari Tuhan, “pungkasnya

Kami paslon AMAN mengucapkan banyak terima kasih karena ternyata kerja dari KPU cukup dan sangat luar biasa, tahapan dan aturan dijalankan dengan baik dan semua tidak ada persoalan yang membuat kita ricuh dalam kegiatan ini, “ucap Yusman Zega.

Pada pencabutan nomor urut, paslon Marselinus Ingati Nazara, A.Md – Ir. Otorius Harefa mendapatkan nomor urut 1 (satu) dan paslon Amizaro Waruwu, S.Pd – Yusman Zega, A.PI, M.Si, mendapat nomor urut 2 (dua).

(Red/Geya)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*