Pemdes Cileungsi sudah salurkan BLT DD Ke-5,implementasi Permendes PDTT No.6 Tahun 2020

Gemantararaya.com(Kab.Bogor), Diundangkannya Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, maka menjadi dasar juridis dan implementatif Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa dengan tetap mengedepankan Transparansi dan Keterbukaan Informasi Publik.


Adapun alasan hukum atau konsideran menimbang diterbitkannya Permendes di atas adalah bahwa penyebaran Virus Corona Covid-19 telah berdampak bagi sendi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu, mengacu pada atau berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan untuk Penanganan dan Penyebaran Pandemi Virus Corona Covid-19 di Desa, di mana ditentukan bahwa melalui penggunaan Dana Desa dapat digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai kepada Penduduk miskin di desa, diperlukan penyesuaian Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tersebut. Dengan demikian, adanya Permendes Nomor 6 Tahun 2020 merupakan perintah untuk melakukan Refocusing kegiatan dan anggaran, yang menyesuaikan dengan prioritas akibat maraknya Virus covid-19.

Mengacu Ke Permendes PDTT No.6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendes PDTT No.11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, Pemerintahan Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi,Kabupaten Bogor telah menyalurkan BLT DD yang Ke-5 (Tahap Kedua) Sebagai Wujud Implementasi dan Realisasinya.

Sekretaris Desa(Sekdes) Cileungsi, Fendi Kepada Wartawan Gemantararaya.com,Kamis(01/10/2020) mengatakan bahwa Pemerintahan Desa Cileungsi sudah membagikan BLT DD yang Ke-5 Tahap Kedua dengan Besaran Nilai Rp.300.000.

” Iya, Kita dari Pemerintahan Desa Cileungsi, kecamatan Cileungsi sudah Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT DD) yang Ke-5 Tahap Kedua Kepada 152 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),tidak ada perubahan penerima, masih tetap, dengan Nilai Nominal Rp.300.000″ ungkapnya

” Nanti Kita juga akan Salurkan segera BLT DD yang Ke-6, mungkin minggu Depan. Ya…akan langsung Kita bagikan lagi biar cepat kelar, karena itu sudah sesuai yang ada di Perbup, kita maksimalkan di BLT DD dulu, karena itu sudah hak Warga Penerima. Kan yang Tahap Pertama itu, Penyaluran 1,2,3 Nilai Nominalnya Sebesar Rp.600.000 Per KPM dan Tahap Kedua Penyaluran 4,5 dan 6 Nilai Nominalnya Sebesar Rp.300.000 Rupiah, sesuai Aturan yang ada, kita jalankan Program Pemerintah, karena itu sudah Aturan, bukan berarti mengesampingkan Infrastruktur tapi kita Fokus Perut Warga karena dampak Virus Corona Covid-19 saat ini,Semoga Virus ini cepat berlalu” tutupnya.


Selama Penyaluran BLT DD dimasa Pandemi Covid-19, Kemendes  mencatat ada Ribuan aduan yang masuk terkait penyaluran BLT Dana Desa,termasuk aduan pendataan tak valid, hingga aduan soal dugaan tidak tepat sasaran dan diduga tidak transparan,  beberapa aduan juga lantaran ada kesalahpahaman dan miskomunikasi dengan Pemerintahan desanya.( Marlon,S.E.).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*