Pencapaian UPT Pajak Gunung Putri meningkat dibanding Tahun lalu, bahkan ada yang melampaui target

Gemantararaya.com(Kab.Bogor), Pencapaian Penerimaan Pajak yang dilakukan oleh Kantor UPT Pajak Gunung Putri,Kabupaten Bogor, memasuki Satu Tahun terakhir ini mengalami Peningkatan di Tahun 2020, bahkan ada beberapa yang melampaui Target. Hal ini dikatakan oleh Kepala UPT Pajak Gunung Putri,Kabupaten Bogor, Rani Siti Nuraini kepada Wartawan Gemantararaya.com, Rabu(07/10/2020) saat diwawancarai setelah Acara Kegiatan Minggon di Desa Cipenjo.

Foto,Ka.UPT Pajak Gunung Putri,Rani Siti Nuraini

Saat Wartawan Gemantararaya.com menanyakan Pencapaian 7 Objek Pajak di Tri Wulan Ketiga apakah bisa mencapai Target atau bahkan melebihi, Rani mengatakan untuk Keseluruhan Penerimaan Pajak bagus, ada peningkatan dibanding Tahun sebelumnya.

” Kalau Kita bicara masing-masing Pajak, untuk keseluruhan Kita bagus, apalagi PBB Kita ada peningkatan 1 Milyar dibandingkan dengan Tahun kemarin” ungkapnya.

” Karena memang, walaupun Tahun ini kondisi di Masyarakat sulit akibat Dampak Pandemi Covid-19, tapi Masyarakat tertarik untuk bayar Pajak karena kebijakan yang diberikan Ibu Bupati yaitu Penghapusan Denda dan juga pengurangan Penetapan di Tahun 2020 ini, salah satu Faktor penting sebagai Stimulan, kenapa PBB dimasa sulit ini melampaui target yang ditetapkan? Tapi memang dengan catatan, bahwa target yang saya Fokus ini adalah target yang sudah diturunkan mengingat kondisi pandemi Covid-19, jadi target awal gak segini, tapi Alhamdulillah dari target yang ditentukan bisa melampaui itu karena ada Stimulan itu yang dari Ibu Bupati” ungkapnya lagi.

Rani juga mengatakan bahwa Penerimaan Pajak dari PBB merupakan yang tertinggi, juga dari Pajak Air Tanah.

” Yang tertinggi penerimaan dari PBB, kemudian ada juga melampaui target seperti Pajak Air Tanah naik 112 Persen, PBB 110 Persen, kalau Hotel masih di kisaran 80 Persen, tapi kan ini masih dipertengahan akhir Tahun, tapi nanti di akhir Tahun bisa capai 100 Persen, Restoran masih di 70 Persen, Hiburan 70 Persen,karena Hiburan ini agak sedikit sulit ya karena sebagaian besar Wajib Pajak di Cileungsi ini kan, seperti Kolam Renang masih tutup termasuk Bioskop. Untuk Parkiran juga bagus, untuk Reklame Datanya masih kurang,jadi Saya belum bisa sampaikan pencapainnya” terangnya.

Ketika ditanya secara detail Sinergitas Pemerintahan Kecamatan terkait Reklame, bagaimana memantau jika ada Reklame Bodong(Ilegal) dan cara menggenjot penerimaan Pajak Reklame, Rani mengatakan, dalam Satu Tahun ini belum fokus di Reklame.

” Nah..,terus terang, dalam 1 Tahun ini saya di UPT Pajak Gunung Putri, saya belum menitikberatkan, belum memperhatikan atau Fokus di Reklame, Saya fokus kemarin itu di PBB dan Air tanah, karena PBB selain targetnya tinggi, apalagi dimasa pandemi Covid-19, jadi masih belum fokus di Reklame” ujarnya.

” Teman-teman di UPT Pajak Gunung Putri dari Periode,Juni, Juli, Augustus 2020 dari Hari Senin hingga Minggu tiap hari Kita turun kelapangan, ke Desa-desa, jadi 3 Bulan terakhir Kita Fokus ke PBB kemudian ke Air Tanah, dan Saya bulan lalu mengunjungi Perusahaan-perusahaan, soalnya Perusahaan besar kok pembayaran masih kurang? Apa masalahnya selama ini? Nah…disitu kan nanti akan ketahuan masalahnya, kita komunikasikan terlebih dahulu, kemudian kita Cross Cek ke ESDM Provinsi karena bagaimanapun juga yang menetapkan besaran atau Formula perhitungannya kan ESDM Provinsi” ujarnya lagi.

Terkait Kinerja PLD selama ini apakah sudah maksimal, Rani mengatakan itu ibarat seni.

” Kalau masalah PLD itu sebenarnya ibarat seni ya, gimana kita ngikutin nya, apalagi saya kan Perempuan, jadi bagaimana kita Jalin Komunikasi dan tarik ulur, Alhamdulillah Tahun ini semua bisa diajak kerjasama yang baik, setiap 2 Minggu sekali kita Review” imbuhnya.

Saat ditanya Perbandingan Pencapaian Penerimaan Pajak Ketika sudah Menjabat Kepala UPT Pajak Gunung Putri yang baru berjalan Satu Tahun dibandingkan Pencapaian Tahun-tahun sebelumnya, meski agak berat,tapi akhirnya dijawab juga, Rani mengatakan Dari Tahun kemarin Ranking 2 sekarang Ranking 1.

” Iya…gimana ya, jadi memang ada perbandingan Pencapaian di Beberapa Item Pajak, ada yang Tahuj Kemarin Ranking 2, Sekarang Ranking 1, ada juga yang tahun kemarin Ranking 7, sekarang jadi Ranking 3″ Jawabnya singkat.

Saat memberi Kata Sambutan di Acara Minggon di Desa Cipenjo, Rani juga memaparkan bahwa UPT Pajak Gunung Putri mendapatkan peringkat satu realisasi pencapaian nominal terbesar, Pembayaran piutang pertama se-Kabupaten Bogor. Perolehan sudah capai 210 Milyar pengumpulan. Realisasi pajak secara umum dibanding Tahun 2019 lalu, ada kenaikan 1 Persen, tahun ini pencapaian jadi 65 persen dari tahun lalu 64 Persen.(Marlon,S.E.)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*