KPU Nias Menggelar Rapat Pleno Terbuka, Bawaslu Kabupaten Nias Menyampaikan Beberapa Temuan

KPU Nias Menggelar Rapat Pleno Terbuka, Bawaslu Kabupaten Nias Menyampaikan Beberapa Temuan

Gemantararaya.com (Nias) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilihan Sementara hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang dilaksanakan di aula  serba guna Kecamatan Gido, Nias, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (15/10).

Yang hadir pada rapat pleno terbuka Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, Bawaslu, perwakilan Kodim 0213, perwakilan Polres, Kesbangpol, PPK, serta LO masing-masing pasangan calon (paslon).Ketua KPU Nias Firman Mendrofa mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan tahapan dari rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan. “Dimana petugas PPDP dimasing- masing desa dilakukan rekapan ditingkat PPK kecamatan se-Kabupaten Nias,” ungkapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Nias Novan Hura berharap pesta demokrasi di Kabupaten Nias pada Desember 2020 mendatang berlangsung lancar dan kondusif ujarnya.

Menambahkan Novan Hura selaku ketua Bawaslu saat di konfirmasi di kantor nya menjelaskan bahwa pelaksanaan rapat pleno di tingkat desa benar benar menyalakan prosedur. Pada pemilihan kepala daerah tahun yang lalu jangan sampai terjadi lagi seperti tahun yang lalu dimana pada pemilihan pileg ada yang masuk jeruji besi di Polres.

Dimana pada pasal 177 B anggota PPS, anggota PPK, anggota KPU Kabupaten/kota dan anggota KPU Provinsi yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum tidak melakukan verifikasi dan rekapitulasi terhadap data dan daftar pemilih sebagai mana di maksud dalam pasal 58, di pidana dengan pidana penjara paling singkat 24 (dua puluh empat) bulan dan paling lama 72 (tujuh puluh dua) bulan dan denda paling sedikit Rp.24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah) dan paling banyak Rp.72.000.000,00 (tujuh puluh dua juta rupiah).

Kemudian Warlin Telaumbanua menambah menyampaikan hasil temuan di lapangan di Desa Balodano kecamatan Ma’u dimana pihak penyelenggara tidak melibatkan Kepala Desa, PKD dan juga tim dari masing masing pasangan calon bupati.

Setelah dilakukan penelitian serta masukan dari paslon dan Bawaslu, KPUD Nias menetapkan jumlah DPT Pilkada Nias sebanyak 87.349 pemilih, dimana 41.897 pemilih laki-laki dan 45.452 pemilih perempuan. (Tim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*