Pemerintahan Desa Cileungsi Kidul Realisasikan Pembangunan 7 Unit Rutilahu

Gemantararaya.com(Kab.Bogor), Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak layak Huni(RS-Rutilahu) merupakan salah satu kegiatan penanganan Fakir Miskin yang diselenggarakan Kementrian Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal Fakir Miskin melalui Perbaikan/Rehabilitasi/kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai serta Fasilitas MCK. RS-Rutilahu dilaksanakan dalam satu kelompok dengan semangat kebersamaan, kegotong-royongan dan nilai kesetiakawanan sosial masyarakat.

Pemerintahan Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Realisasikan Pembangunan Rutilahu sebanyak 7 Unit di beberapa titik Wilayah di Desa Cileungsi Kidul.

Menurut Kaur Kesra Pemerintahan Desa Cileungsi Kidul, Jejen, Sebelum pelaksanaan Pembangunan Rutilahu dimulai 12 Agustus 2020, pihak pemerintahan desa cileungsi kidul terlebih dahulu melakukan sosialisasi Rutilahu kepada 7 Kepala Keluarga Penerima Manfaat.

” Kita sebelum laksanakan Kegiatan Pembangunan Rutilahu pada tanggal 12 Agustus 2020, terlebih dahulu kita adakan sosialisasi kepada 7 Kepala Keluarga penerima manfaat, supaya memahami mekanisme penyaluran Bantuannya, Kita adakan sosialisasi Tanggal 10 Agustus 2020 yang lalu” Jawabnya.

” Untuk Tahun ini kita bangun sebanyak 7 Unit Rumah Tidak Layak Huni untuk 7 Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai data yang ada dengan Nilai Pagu Angggaran Sebesar 15 Juta Per Unit per KK dan disalurkan berupa Material Senilai Pagu Anggaran” Jawabnya lagi.

” Adapun Nama-nama Penerima Manfaat Rutilahu saat ini ada di beberapa RT RW, yaitu; Zaenudin Rizki, alamat Kampung Sawah RT 01 RW 01, Fahri alamat Kampung Sawah RT 04 RW 02, alamat Kampung Sawah RT 06 RW 04, Mardiah alamat Kampung Sawah RT 02 RW 03, Somanah alamat Kampung Sawah RT 05 RW 04, Empin Supinah, alamat Kampung Cibeureum RT 04 RW 05, dan Nuryadi, alamat Kampung Rawa Belut RT 01 RW 06, dan semua sudah terealisasi” tutupnya.

Terkait Beberapa Bantuan Kepada Masyarakat, Dirjen Penanganan Fakir Miskin(Dirjen PFM) Kementrian Sosial, Asep Sasa Purnama sebelumnya menjelaskan bahwa Pemerintah akan tetap mengusulkan Program Bantuan Sosial(Bansos) tidak hanya berupa pemberian uang tunai namun juga perbaikan RUTILAHU bagi Masyarakat di Tahun 2021. Adapun Nilai yang didapatkan bagi Masyarakat Miskin yang mendapatkan perbaikan Rumah sebesar 15 Juta Per KK Per Unit.

Data Penerima RTLH tersebut harus terdaftara terlebih dahulu di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) dengan sayarat rumah yang diusulkan sangatlah tidak layak huni dan ini menjadi Program Agenda penanganan kemiskinan Ekstrem yang digaungkan Presiden Joko Widodo Maret 2020 lalu. (Marlon,S.E.).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*