Program Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bogor semakin Praktis dan Ekonomis

Gemantararaya.com(Kab.Bogor), Program Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor semakin Cepat, Praktis dan Ekonomis hal ini terlihat dari berbagai Inovasi yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Bogor dalam Pelayanan Masyarakat.

Kepala Bidang(Kabid) Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bogor, Ani kepada Wartawan Gemantararaya.com, Jumat(06/11/2020), mengatakan bahwa Disdukcapil terus berbenah dan membuat Program terbaik untuk Pelayanan Masyarakat termasuk Pelayanan jemput bola ke lapangan.

” Kita selalu berbenah dan berusaha membuat Program terbaik dalam Pelayanan kepada Masyarakat, kegiatan kita lebih dominan kepada Kontinuitas di pelayanan, Kita lakukan jemput bola ke lapangan, Selasa dan Kamis berdampingan dengan Akte Kelahiran, adapun pelayanan yang diberikan dalam Jembol yaitu Program 2 in 1, 3 in 1 dan 4 in 1″ terangnya.

” untuk 2 in 1 yaitu Akte Lahir dan KIA sesuai kebutuhan, 3 in 1 perubahan KK, Akte lahir dan KIA, juga layanan perekaman KTP dan pencetakan ditempat yang Desa nya jauh ke Lokasi Pusat Kecamatan” terangnya lagi.

Saat ditanya apakah dimasa Pandemi Covid-19, masih banyak Masyarakat yang datang langsung ke kantor Disdukcapil dalam mengurus Administrasi Kependudukan, Ani menjawab bahwa yang datang Ke Disdukcapil biasanya yang mau Legalisir dan pembuatan Akte Lahir.

” Karena di Akte kelahiran ada denda yang harus di bayar, kalau di Saya kan pindah datang, untuk perubahan KK, KIA bisa cukup dengan WA(Whatsapp), ada nomornya, dibagian informasi sudah buat WA untuk semua informasi sesuai kebutuhan Masyarakat, jadi nomor WA nya berbeda beda sesuai kebutuhan Masyarakat, mau membuat Produk Adminduk apa, dengan layanan seperti biasa memangkas waktu dan tenaga lebih” jawabnya.

” Apalagi kan sekarang ada Mesin Anjungan Disdukcapil Mandiri(ADM), jadi Masyarakat bisa Cepat, Praktis, Ekonomis tapi masih sebatas Cibinong Raya, Masyarakat bisa cetak sendiri KK, KIA, KTP melalui mesin ADM, caranya kalau ada alamat Email tinggal dimasukkan dan mengikuti langkah selanjutnya,kalau sudah lengkap tinggal cetak, tapi itu baru ada di Kantor Disduk, nanti rencananya ada di AEON dan ITC, Insya Allah akan dilaunching Ibu Bupati” jawabnya lagi.

Ani juga mengatakan bahwa untuk saat ini sudah tidak ada SUKET, untuk PRR setelah perekaman data langsung dikirim ke pusat dulu.

” Untuk saat ini sudah tidak ada SUKET, untuk PRR setelah perekaman, data langsung dikirim ke Pusat dulu, dari pusat data turun biasanya satu hari, baru bisa kita cetak, tapi sekarang kita utamakan dan selesaikan dulu yang masih ada SUKET nya, untuk pembuatan KTP saat ini sesuai UU adalah 14 hari kerja, namun kita berusaha semaksimal mungkin selesai tidak kurang dari 4 hari” katanya.

Ketika ditanya ada berapa UPT Disdukcapil di Kabupaten Bogor dan apa Program di Tahun 2021 dalam peningkatan Pelayanan UPT kepada Masyarakat, Ani mengatakan ada sebanyak 7 Kantor UPT akan ditambah lagi dan dilakukan penguatan tiap Kecamatan.

” Saat ini ada 7 Kantor UPT di 7 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Bogor, rencananya akan ditambah 3 UPT lagi. Kalau UPT kewenangannya Akte Kelahiran, KIA, dan penandatanganan KK, jadi lebih kepenguatan UPT Kecamatan di Tahun 2021, kan kalau sudah ada UPT ngapain lagi Warga jauh-jauh Ke Disdukcapil Kabupaten? untuk urus KIA, KK cuma satu hari, jadi kalau ada UPT di Kecamatan itu lebih baik kesana” ungkapnya.

” Untuk Tahun 2021 Kita berharap bisa melayani Pelayanan Kepada Warga Pra Sejahtera untuk Kita layani dan untuk semua Produk, mulai perekaman, KIA, KK kita datangi khusus yang Pra Sejahtera, untuk kedepannya pendistribusian KTP lebih kepenguatan ke UPT-UPT, karena kemarin-kemarin Operator Kecamatan kan ambil kesini(Disdukcapil), kedepannya di UPT dan mereka yang bagikan langsung ke Masyarakat, dan untuk pendistribusian VIA Pos hanya sampai Juli 2020″ ungkapnya lagi.

“Saat ini juga Disdukcapil menyelenggarakan tatap muka dengan Masyarakat melalui DMM(Disdukcapil Menyapa Masyarakat), masyarakat bisa menyampaikan keluhan dan permasalahan yang dihadapi untuk ditindaklanjuti. Program ini sudah 2 kali dilaksanakan. Yang pasti kedepan Kita lakukan Program Pelayanan lebih Prima, dan bisa membahagiakan Masyarakat” tutupnya.(Marlon,S.E.).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*