Dua Belas Puskesmas Sudah Beroperasi

Dua Belas Puskesmas Sudah Beroperasi

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Rawat Inap, salah satu trend sektor kesehatan saat ini. Trend ini, ternyata sudah diappresiasi Pemkab. Rokan Hilir.

Institusi kesehatan ini, bertugas dengan segera mengadakan rencana, operasional, dan tindakan. Baik lapangan maupun perawatan. Serta pengembangan secara cepat.

Puskesmas Perawatan atau Puskesmas Rawat Inap merupakan Puskesmas yang diberi tambahan ruangan dan fasilitas.

Tujuannya untuk menolong penderita gawat darurat, baik berupa tindakan operatif terbatas maupun rawat inap sementara.

Sesuai Standard Pelayanan Minimal Bidang  Kesehatan di Kabupaten/Kota (Depkes RI, 2003), pengertian rawat inap, merupakan pelayanan kesehatan perorangan yang meliputi observasi, diagnosa, pengobatan, keperawatan, rehabilitasi medik dengan menginap di ruang rawat inap.

Fungsi sesuai dengan tugasnya yaitu pelayanan,pembinaan dan pengembangan, dengan penekanan pada fungsi pada kegiatan yang bersifat preventif, promotif, dan fungsi rehabilitative

Fungsi yang berorientasi pada kegiatan teknis terkait instalasi perawatan pasien sakit, instalasi obat, instalasi gizi, dan instalasi umum. Juga fungsi yang lebih berorientasi pada kegiatan yang bersifat kuratif.

Ternyata, bagi Bupati Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno, AMP masalah kebutuhan kesehatan ini sudah terpikirkan sejak awal kepemimpinannya.

“Kita sudah membangun 12 Puskesmas di 12 Kecamatan. Malah, kita sudah pula membangun Puskesmas Rawat-Inap di beberapa kecamatan,” kata H.Suyatno, AMP kepada Majalah Forum Kerakyatan, belum lama ini.

“Karena fasilitas ini sangat dibutuhkan. Justru merupakan kebutuhan mendesak. Makanya, di Bagan Batu akan segera dibangun lagi Puskesmas Rawat-Inap,” ungkapnya.

Di samping itu, masalah kepentingan “cuci darah” sebelumnya warga Rohil harus repot-repot ke Dumai, saat ini sudah bisa di RSUD Bagan Siapiapi.

“Ini juga sangat membantu dan meringankan beban warga,” ujar Suyatno.

Seorang warga di Sinaboi mengatakan masyarakat merasa sangat terbantu dengan dibangunnya Puskesmas Rawat Inap ini.

“Kami tidak perlu lagi, susah-susah berobat ke Bagan Siapiapi. Di sini sudah bisa. Terima kasih kepada pak Bupati Suyatno, atas pembangunan ini,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*