Peserta Sinode Distrik VI Dairi Sumut Sesalkan tindakan Praeses tidak ada Solusi terbaik

 Gemantararaya.com Dairi, Setelah beberapa lama berakhirnya Sinode Distrik VI Dairi yang juga menurut surat dari Ephorus HKBP Pdt.DR Darwin Lumban Tobing adalah cacat ( martihas) dimana  bila hasil demikian maka Peserta Sinode Distrik terpilih dalam Sinode Distrik tidak akan di ikut sertakan ke Sinode Godang memilih Pucuk pimpinan Gereja HKBP sedunia. 

 Namun demikian Ephorus HKBP memberikan solusi bagaimana Distrik VI Dairi supaya tetap turut dalam Sinode Godang yang akan diadakan tgl 6 Desember 2020 mendatang yang tinggal beberapa hari lagi.

Atas saran dari Oppui Ephorus HKBP maka Praeses HKBP Distrik VI Dairi mengundang rapat kembali peserta Sinode Distrik VI Dairi yang diadakan ,Senin 23 November 2020 ,di kantor Distrik VI Dairi .Namun pada rapat tersebut para peserta Sinode berasumsi ada Solusi terbaik buat para Peserta Sinode Distrik ,namun apa hendak dikata bak kata pepatah ,"jauh panggang dari api," paparan Praeses dalam rapat saat peserta bertubitubi melayangkan pertanyaan ,"Saya hanya menyampaikan hasil rapat Praeses HKBP di kantor Pusat Pearaja Tarutung ,bahwa Pdt Darwin Butar Butar tidak lagi terdaftar sebagai peserta Sinode Godang terpilih berhubung karena sudah pensiun," ujarnya. Padahal setelah dikonfirmasi langsung ke Kadep Koinonia Pdt. DR. Martongo Sitinjak bahwa rapat Praeses yang dilaksanakan di kantor Pusat Pearaja memutuskan agar dilaksanakan Sinode Ulang.

  Atas penyampaian Praeses tersebut sontak peserta Sinode menggerutu karena menurut sepihak ,Rapat ini gagal bukan memberikan Solusi agar semua Peserta Sinode Distrik tidak ada yang merasa dirugikan atas paparan Praeses .Kalau demikian halnya buat apa kami di undang jauh jauh dan capek datang kemari," ujar salah seorang utusan penatua Gereja ,cukup melalui pertemuan para pendeta saja itu bisa disampaikan ,"tandasnya.

 Sulit dimengerti arah pemikiran seorang Pimpinan Gereja demikian , Salah pemahaman atau sengaja disalahkan, kalau demikian terus menerus maka bisa bisa kita ini nantinya ada mengarah ke perpecahan padahal selama ini kita satu mewujudkan visi misi HKBP , menurut  hemat kami jangan jangan  ada udang dibalik batu ini karena ada kepentingan tertentu akhirnya keputusan yang memberi Win Win Solution tak dapat diambil dan dilaksanakan dalam rapat tersebut ujar seorang peserta Sinode Distrik yang enggan disebut namanya .(L.H)

By Geya