Potong Tumpeng Rayakan Syukuran HUT ke-64 PIA Ardhya Garini Di Lanud Roesmin Nurjadin

Gemantararaya.com (Pekanbaru) Usai mengikuti HUT PIA Ardhya Garini secara virtual bersama Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 12/D.I Lanud Roesmin Nurjadin Ny.Irenne Ronny Moningka didampingi Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., menggelar acara syukuran HUT ke-64 PIA Ardhya Garini secara sederhana yang diawali dengan pemotongan tumpeng, tempat di Gedung Serba Guna (GSG) Edi Harjoko Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Rabu (25/11/2020).

Acara syukuran ini mengusung tema “Kepedulian dan Semangat Solidaritas Sosial PIA Ardhya Garini Sumber Inspirasi Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Pada hari itu juga Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I dan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin berikan bantuan sosial berupa sembako kepada Warakawuri dan bagi warga kurang mampu yang telah berkontribusi kepada Lanud Roesmin Nurjadin.

Dalam sambutan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny.Inong Fadjar Prasetyo yang dibacakan oleh Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 12/D.I Lanud Roesmin Nurjadin Ny.Irenne Ronny Moningka mengucapkan, “Selamat Ulang Tahun” kepada segenap Istri Prajurit TNI Angkatan Udara dimanapun Ibu-ibu berada, saya berharap seluruh keluarga besar TNI Angkatan Udara tidak hanya berbahagia dan bersukacita dalam menyambut hari bersejarah ini. Akan tetapi, mari kita jadikan momen peringatan ini sebagai bentuk refleksi diri tentang perjalanan PIA Ardhya Garini.

“Kita juga menginginkan agar organisasi persatuan istri prajurit TNI AU ini dapat turut serta dalam mempersiapkan “Generasi Indonesia Emas” di Tahun 2045, dengan mencanangkan 5 pilar ketahanan keluarga dalam rangka mewujudkan generasi emas tersebut, 5 pilar tersebut adalah, pertama, terciptanya keluarga yang harmonis dan bahagia, kedua, mempunyai Istri yang mandiri dan cerdas,
ketiga, terbentuk anak-anak yang sehat dan tangguh,keempat, meningkatkan literasi keluarga yang baik dan optimal, kelima adalah mengembangkan ketahanan pangan yang kuat guna mendukung gizi keluarga”,ujar Ny.Inong Fadjar Prasetyo.

Ketum PIA Ardhya Garini Ny.Inong Fadjar Prasetyo menjelaskan, dalam bidang Sosial, PIA Ardhya Garini telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan bantuan sosial, terutama di lingkungan TNI AU. Selama masa pandemi ini, kita juga telah mendistribusikan bantuan alat kesehatan di beberapa wilayah. Kita juga terus mengembangkan “Gerakan Nasional Orang Tua Asuh” dan “Perwira Peduli Anak Asuh” di TNI AU untuk mengakomodir dan memberikan perhatian kepada anak kurang mampu dan anak yatim TNI AU.

“Untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan keluarga, seksi sosial juga menyelenggarakan seminar atau webinar-webinar “Kesehatan” untuk meningkatkan pemahaman serta kewaspadaan ibu-ibu dalam menghadapi masa pandemi ini”,katanya

Ny.Inong Fadjar Prasetyo mengungkapkan, bahwa PIA Ardhya Garini berkolaborasi dengan TNI AU dalam memajukan aspek pendidikan, yakni melalui pencanangan program “PIA goes to school” dan “TNI AU goes to school”. Saat ini kita telah memiliki lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan Yasarini yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, yang masih terus kita upayakan dalam meningkatkan kualitas dan mutunya, sehingga dapat menjadi sekolah-sekolah andalan TNI AU yang dapat mencetak anak-anak didik yang mumpuni.

Selanjutnya ditempat yang sama Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S T.,M.M., dalam sambutannya juga mengucapkan, “Saya selaku Komandan berserta seluruh keluarga besar Lanud RSN mengcapkan, “Selamat Ulang Tahun ke-64 PIA Ardhya Garini”. Sejak organisasi PIA Ardhya garini berdiri 64 tahun yang lalu, sudah banyak peran yang dilakukan oleh organisasi ini untuk mendukung serta mensejahterakan kehidupan keluarga prajurit TNI AU, dan peran tersebut terus berjalan hingga saat ini.

“Keberadaan PIA Ardhya Garini dalam kiprahnya di TNI AU sangatlah penting. karena dapat memotivasi dan memberikan dukungan moril terhadap keluarga termasuk peran suami dalam melaksanakan tugas, serta pemahaman yang mendalam kepada para anggotanya akan tugas-tugas suami selaku prajurit TNI AU. selain itu juga dapat menjadi wadah bagi para anggotanya untuk dapat belajar dan berinovasi”, ungkap Ronny Moningka

Kemudian Ronny Moningka mengatakan, dengan berbagai peran yang dimilikinya tentunya sebuah hal yang sangat berharga dan bernilai, terutama bagi peran suami dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat memberikan kontribusi positif yang terbaik dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

“Oleh karena itu saya berharap ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 12/D.I Lanud Rsn pandai mengatur waktu dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai anggota, sehingga tugas-tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, pupuk terus kebersamaan dan semangat kekeluargaan dari berbagai strata, agar dapat mewujudkan cita-cita mulia dan misinya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga”,ujar Ronny.

Dimasa Pandemi Covid-19 ini Ronny Moningka mengatakan, memang kita akui peran organisasi PIA Ardhya Garini saat ini sangatlah penting, apalagi dimasa covid-19, dimana bersama-sama pemerintah khususnya TNI AU, berjuang dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Selain itu saya menilai peran PIA Arsdya Garini telah memberikan sumbangsih tenaga dan fikiran, dan telah bersama-sama memajukan Lanud Roesmin Nurjadin seperti, aktif mencerdaskan generasi emas melalui sekolah-sekolah angkasa, diresmikannya Rumah Keterampilan Puan Lawa, berdirinya Posyandu, meningkatkan ketahanan pangan keluarga, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat dan ikut andil membantu pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan, dan kita berdoa semoga kiprah PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud Rsn semakin sukses dibumi lancang kuning”,ujar Ronny.

Dalam acara syukuran hadir, Danwing 6 Kolonel Pnb Setiawan, Kadisops Kolonel Pnb Dedy Supriyanto,S.M., Kadispers Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, Kadislog Kolonel Tek Dwi Wihananto,S.E., Kasi BMP Letkol Kal Tatang Amir Hamzah sekaligus sebagai pembina harian PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud Rsn, para Dansat serta pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 12/D.I Lanud Roesmin Nurjadin. (TIM)

By Geya