Gemantararaya.com (Dair) Setelah  hasil Sinode Distrik VI Dairi dinyatakan cacat (martihas) oleh Ephorus HKBP dan tidak akan di undang untuk turut serta ke Sinode Godang Pemilihan Calon Ephorus Pucuk Pimpinan HKBP sedunia tgl 9 Desember 2020 di Seminarium Sipoholon.

Namun demikian tidak dibiarkan Ephorus ,lewat Rapat Praeses di Pearaja Tarutung kab.Taput Sumut ,19-20 november 2020  hasilkan kesepakatan agar tidak (rumar) cacat maka disarankan untuk Sinode Distrik Ulang. Menindaklanjuti hasil rapat tersebut Praeses Distrik VI Dairi Pdt. Winner Sitorus M.Min mengundang rapat para peserta Sinode Distrik,Senin  23/11/2020 di kantor Distrik VI Dairi  dan menurut paparannya dalam rapat tersebut ,saya hanya menyampaikan bahwa Pdt. Darwin Butar Butar tidak diikut serta kan lagi sebagai peserta Sinode Godang karena sudah pensiun," paparnya.

Setelah beberapa hari kemudian ternyata Pdt. Winner Sitorus sudah mengeluarkan surat keputusan Utusan Sinode Godang dengan resmi tanpa ada kesepakatan bersama ,hasil keputusan ini hanyalah atas inisiatif Pdt. Winner Sitorus M .Min dan di anggap hasil keputusan beliau merupakan  manipulasi  ,demi kepentingan sepihak yang di duga dibawah tekanan dari pihak yang punya kepentingan tertentu tidak secara umum atas nama Distrik VI Dairi.

Atas tindakan Praeses Distrik VI Dairi ini yang tidak mencerminkan nilai keagamaan sesuai visi misi Gereja HKBP ,maka diharapkan Ephorus HKBP memberikan teguran keras kepada Praeses agar tidak menjadi contoh buruk ke generasi berikutnya di dalam Gereja HKBP yang ada di seluruh dunia.(LH)

By Geya