Pilkada Serentak 2020, Tahap Pungut Hitung Paling Rawan

Gemantararaya.com, NTB, Polda NTB memetakan kerawanan Pilkada Serentak 2020. Tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu, 9 Desember 2020 nanti diantisipasi sebagai kerawanan tinggi. Pola pengamanannya menggunakan patroli ketat serta pengerahan personel siaga. “Tahap pemungutan suara ada kerawanan, tapi lebih rawan lagi saat penghitungan suara. Kita petakan TPS rawan, dan TPS sangat rawan,” ungkap Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, ditemui Kamis, 3 Desember 2020.

Pola pengamanannya dibagi menjadi empat kategori. Kategori TPS aman pengamanannya dengan pola dua polisi 10 TPS dan 20 Linmas; TPS rawan dikawal dengan pola dua polisi dua TPS dan empat Linmas; TPS sangat rawan, satu TPS dijaga dua polisi dan dua Linmas; sedangkan TPS khusus, satu TPS dua polisi dan dua Linmas. Untuk pengamanan logistik Pilkada disesuaikan dengan karakteristik masing-masing wilayah. Logistik di gudang diamankan ketat 24 jam. Gudang dibuatkan tiga kunci masing-masing dipegang Polri, KPU, dan Panwas.

“Ditambah lagi kita akan patroli. Khusus di TPS rawan patroli akan sering mampir stop and go ini menunjukkan kami ada. Jadi jangan macam-macam, jangan ribut sekaligus sebagai simbol kedamaian di situ,” tegas Kapolda. Selain pola pengamanan patroli, Iqbal menjelaskan juga ada pola pengamanan statis. Kekuatan siaga bakal dikerahkan bilamana terjadi konflik di lokasi-lokasi penghitungan suara. Baik di TPS, di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten/kota.

“Power on hand bisa digerakkan kapan saja. Tapi kita utamakan yang patroli gabungan. Ini ada bahkan sampai lima tim sesuai dengan kerawanan masing-masing. Untuk kontijensi nanti yang turun standby force,” tandas Iqbal. Rencana Operasi Mantap Praja Gatarin 2020 memetakan pengamanan tujuh wilayah Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada tahun 2020. Tidak kurang dari 7.000 personel bakal dikerahkan untuk pengamanannya. Pengamanan ketat pada saat surat suara tersebut beserta logistik Pilkada sampai ke TPS. Kemudian sampai kembali ke penghitungan suara tahap akhir. LA-D21

Media Group Tim

By Geya