Gemantaraya.Com(Kab.Bogor), Memasuki bulan Desember tahun 2020 ini, sudah hampir Sepuluh bulan Negara-Negara di dunia termasuk Indonesia dilanda wabah Pandemi Covid 19. Kondisi ini sangat mengganggu dan merugikan kehidupan manusia baik dari sisi kesehatan juga sektor ekonomi. Korban meninggal dunia pun jumlahnya sudah cukup besar belum lagi yang terpapar akibat virus ganas ini.

Namun demikian, Pemerintah terus bekerja keras dan berupaya melakukan tindakan-tindakan, baik berupa pencegahan maupun penanggulangan. Lewat kebijakan Pemerintah Pusat ( Presiden ) hingga Pemerintah Daerah Propinsi, Kabupaten/Kota semua bersatu untuk mengatasi dampak yang ditimbulkannya. Pemberian bantuan kepada semua warga terus dilakukan, bantuan terus dikucurkan terutama bagi Masyarakat kalangan kurang mampu secara ekonomi, baik berupa beras, kebutuhan pokok lainnya maupun berupa BLT.
Dalam pelaksanaan program bantuan sosial ini, seluruh instansi pemerintah berperan aktif saling berkordinasi agar Keluarga Penerima Manfaat(KPM)  benar-benar menerima bantuan san tepat sasaran. Tentu peran Pemerintah diwilayah Kecamatan, Kekurahan dan Pemerintah Desa menjadi garda terdepan.

Demikiaan dikatakan oleh Drs.Akhmad Kosasih,M.Si, Camat Klapanunggal, Kabupaten Bogor kepada Media Gemantararaya.com di kantornya,Rabu (2 Des 2020 ).  Diakuinya, bahwa memang tidak sedikit program pemerintah yang harus tertunda dilaksanakan. Namun fokus pemerintah diprioritaskan terhadap penanganan covid-19 ini. Kosasih bersyukur, bahwa secara umum diwilayah kerjanya semua berjalan dengan baik dan lancar.

” Semua masyarakat yang terdampak covid-19 dan sudah masuk data mendapat bantuan sosial terutama untuk pemenuhan kebutuhan pokok berupa beras,gula,minyak goreng dan lainnya.”ujar dia.  

Menjawab pertanyaan, terkait penggunaan dana desa ( DD ), Kosasih mengatakan semua berjalan dengan baik sesuai peruntukannya.

” Berdasarkan  keputusan pemerintah pusat dan pengaturannya lewat Perbup justru DD inilah yang sangat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya yaitu hampir separuh untuk bansos. Betul, bahwa pergeseran peruntukannya memang ada  dari yang tadinya lebih kearah pembangunan sarana ,infrasruktur di lingkungan pemukiman” ungkapnya.

Masih menurut Kosasih, bahwa setelah pandemi Covid-19 ini mereda, pembangunan ekonomi khususnya kawasan industri akan bertumbuh lagi khususnya di wilayah kecamatan Klapanunggal.

Memiliki pengalaman yang cukup di pemerintahan, pria yang selalu ramah ini tetap melayani semua tamu termasuk masyarakat bahkan tidak jarang harus turun langsung ke lapangan. Ahkmad Kosasih Pernah menjadi Camat di Tanjungsari selama  tiga tahun, bahkan sebelumnya , menjabat sebagai Sekcam di Kecamatan Sukamakmur selama lima tahun dan saat ini menjabat sebagai Camat Klapanunggal sejak dua tahun lalu.

Menjawab pertanyaan seandainya Bupati mempercayakannya untuk menjadi kepala SKPD? Dia hanya mengatakan kita harus siap ditugaskan dimanapun.

” Kita harus siap ditugaskan dimanapun, semua itu wewenang Bupati, jadi harus siap.” pungkasnya (John.S )