Ketua DPD APPI Riau: Perlu Adanya integrasi Antara Dunia Pertanian dengan Industri

Untuk meningkatkan Nilai Tambah, diperlukan integrasi antara dunia pertanian dengan Industri

Ketua DPD APPI Riau: Hasil Pertanian, Hendaknya Dapat diolah menjadi Produk yang memiliki nilai Jual Tinggi

Ketua DPD APPI Riau : Jika Memiliki Keyakinan Kuat, Maka Seluruh Alam Semesta Akan Bahu Membahu Mewujudkannya

Kampar – DPD Asosiasi Pewarta Pertanian Indonesia terus melakukan inovasi-inovasi pengembangan dibidang pertanian. rencana kedepan yang akan dilaksanakan oleh DPD APPI Riau ingin mewujudkan adanya suatu integrasi antara dunia pertanian, industri dan perdangan.

ROMI Ketua DPD APPI

Ketua DPD APPI Riau, Romi saat di temui awak media di Pusdiklat DPP APPI Jalan Uka Desa Rimbo Panjang kab Kampar, sabtu (12/12/20) mengatakan bahwa perlu adanya integrasi antara dunia pertanian, industri maupun perdagangan. Romi mengatakan berdasarkan pantauan dilapangan bahwa salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para petani saat ini mengenai harga yang tidak stabil, dimana ketika musim panen tiba, harga di pasaran anjlok yang berakibat kerugian bari para petani.

“Berdasarkan pantauan kami dilapangan, para petani banyak mengeluhkan ketika masa panen, harga dipasaran sering anjlok, sehingga para petani mengalami kerugian, sementara untuk membiayai kebunnya, dengan menggunakan uang pinjaman, tentu ini tidak berlaku baik untuk para petani kita, akibatnya banyak lahan pertanian yang dialih fungsikan”.

Lanjut oleh Romi, potensi pertanian sebenarnya sangat menjanjikan, tetapi perlu adanya sinergi dari hulu hingga hilir, artinya komoditas yang ditanam hendaknya bukan hanya memiliki nilai jual yang tinggi, tetapi juga dapat diolah dan dijadikan produk turunan yang memiliki nilai jual, dengan kata lain, harus ada integrasi antara dunia pertanian dengan dunia industri, dan perdaganan,

Romi juga mengatakan untuk mewujudkan adanya intrgasi antara dunia pertanian dengan dunia industri bukanlah pekerjaan yang mudah, karena diperlukan ide-ide yang cemerlang yang out of the box dan disiplin dalam mengeksekusi ide-ide tersebut, kita juga akan merangkul stake holder yang lain, baik pemerintah maupun swasta untuk membantu agar dapat mewujudkannya. namun begitu kami menyakini “Jika memiliki keyakinan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya,”tutup romi.

Ketua umum APPI Alexander Pranoto mengatakan sangat mendukung apa yang telah di rencakana oleh DPD APPI Riau, karena sudah sesuai dengan visi misi APPI untuk mewujudkan dunia pertanian yang maju.

“Saya selaku ketua umum Asosiasi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) sangat mendukung apa yang telah di rencanakan oleh kawan-kawan DPD Riau, jika dunia pertanian maju, maka ketahanan pangan kita juga akan maju, untuk itu kita perlu melakukan gerakan menanam untuk meningkatkan ketahanan pangan”. tutup Alexander.