Gemantararaya.com(Kab.Bogor), Pemerintahan Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Hari ini, Jumat(18/12/2020)  kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT DD) bagi Warganya yang terdampak Covid-19 bertempat di Aula Kantor Pemerintahan Desa Dayeuh.

Foto: Penyaluran BLT DD Tahap 2 dan Tahap 3

Kepala Urusan Keuangan(Kaur Keuangan) Pemerintahan Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Tiara Gumilang kepada Wartawan Gemantararaya.com, disela penyaluran BLT DD, mengatakan bahwa Penyaluran imi merupakan yang ke-4,5 dan 6 dan Ke-7,8,9.

” Ini Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT DD)  Ke-4,5,6 dan Ke-7,8,9  Bagi Warga terdampak Covid-19 senilai 300 Ribu sesuai Tahapannya “Terangnya.

” Kita lakukan sesuai Aturan Per Undang-undangan, khususnya Perbup, Permenkeu dan Permendes PDTT, hanya saja Pencairan agak terlambat, kita menunggu agak lama, tapi setelah dananya cair langsung disalurkan hari ini” pungkasnya.

Sekretaris Desa Dayeuh, H.Nazmudin atau akrab disapa H.Nanat, kepada Wartawan Gemantararaya.com mengatakan bahwa Penyaluran BLT DD Hari ini  merupakan Yang Ke-4,5,6 dan Ke-7,8,9.

Foto: Sekdes Dayeuh, H.Nazmudin

” Hari ini Kita salurkan BLT DD yang Ke-4,5,6 dan Ke-7,8,9 dengan perincian, untuk yang Ke-4,5,6 sebanyak 130 KPM dengan Nilai Nominal 300 Ribu dikali 3 sehingga Total 900 Ribu per KPM, sementara untuk yang ke-7,8,9 BLT DD disalurkan ke 52 KPM dengan nominal 300Ribu sehingga Total dibagikan sebanyak 900 Ribu per KPM” Jelasnya.

Saat ditanya kenapa beda jumlah KPM dari penyaluran Ke-1,2 dan 3, dan 4,5,6 dan 7,8,9, H.Nanat mengatakan bahwa itu sesuai Perbup.

” Kalau jumlah KPM pertama  itu kan sesuai Perbup yaitu 182 KPM, dan seterusnya yang ke-4,5,6 dan 7,8,9 itu jumlah KPM nya ditentukan berdasarkan Musdesus melihat dan menimbang sisa anggaran Dana Desa yang tersedia,  selama Pandemi Covid-19 pun kita sudah menganggarkan untuk Pengadaan Masker Gratis san dibagikan kepada Warga Desa Dayeuh, dan saat Pembagian BLT DD ini kita sudah instruksikan supaya warga jangan kasih apa-apa ke Staff atau petugas, karena kita hanya menyalurkan apangkah baiknya kita itu memberi dan membantu Warga yang sangat terdampak Covid-19″ sambungnya.

” Kita lihat hari ini, saat penyaluran BLT DD, meski wilayah Desa Dayeuh diguyur hujan deras, Warga Masyarakat Penerima BLT DD Tahap 2 dan 3 di Desa Dayeuh ini sangat antusias, sampai hampir terjadi kerumunan akibat warga harus berteduh, namun dengan sigap petugas termasuk Saya sendiri sebagai Sekdes Dayeuh langsung mengatur untuk tetap taat protokol kesehatan sehingga tidak terjadi kerumunan, dan yang tidak memakai Masker dikasih pengertian dan pemahaman karena itu termasuk bagian Edukasi dan langsung kita berikan Masker” tutupnya.(Marlon,S.E.).