Gelar konferensi Sat Narkoba polres Cianjur berhasil mengungkap Sindikat pengedar Narkoba

Polres Cianjur Jawa Barat Sat Narkoba Polres Cianjur kembali berhasil mengungkap sindikat pengedar narkoba di Lapas Kelas IIB Cianjur, Jawa Barat. Sepuluh pelaku ditangkap, dengan tiga diantaranya merupakan narapidana di lapas tersebut.

Barang bukti dengan total seratusan gram sabu dan 75 gram tembakau gorila siap edar pun turut diamankan
Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai S.I.K., M.Krim., mengatakan pengungkapan tersebut berawal dari informasi lapas Cianjur yang berhasil menggagalkan penyelundupan sabu dan tembakau gorila ke dalam lapas.

Narkoba yang dimasukkan dalam susu murni dalam kemasan itu terbongkar petugas lapas yang mencurigai adanya susu kemasan yang disimpan di depan lapas.

“Awalnya petugas lapas curiga dengan adanya susu kemasan tersebut dan seperti ada barang lain di dalamnya.
Setelah dibuka, benar saja di dalamnya ada sabu dan tembakau gorila,” ujar Kapolres di Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Senin (25/1/2021).

Setelah ditelusuri, ternyata susu tersebut akan diberikan pada tiga orang napi di lapas Cianjur, yakni DS, FO, dan WH.

“Dari laporan lapas Cianjur, kami segera amankan ketiganya dan melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan dari hasil penyelidikan lebih lanjut, pihaknya berhasil mengamankan tujuh orang bandar lainnya yang masih dalam satu jaringan dengan tiga narapidana tersebut.

Menurutnya total ada 10 tersangka yang berhasil diamankan, yakni DS, MAK, SP, LNH, DMA, GG, EF, FO, WH dan ST.

“Total 10 orang kami amankan. Mereka sindikat pengedar sabu jaringan lapas. Tiga diantaranya narapidana. Dari masing-masing tersangka kami temukan barang bukti paket sabu siap eda. Tor barang bukti yak diamankan yakni sabu sekitar 100 gram dan tembakau gorila sebanyak 75 gram,” Ungkap Kapolres.

AKBP Moch Rifai S.I.K., M.Krim mengungkapkan barang harap tersebut didapat dari jaringan di lapas lain, termasuk dari lapas di Jakarta. “Kita sedang kembangkan dan akan memburu tersangka lainnya,” tegasnya.

Akibat perbuatannya para pelaku dijerat pasal 114 ayat (1) Jo 112 ayat (1) UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman kurungan penjara maksimal seumur hidup.

Sebelumnya, pada awal Januari 2021, Polres Cianjur berhasil menangkap empat pengedar narkoba jenis sabu. Bahkan salah satu pelaku merupakan petugas di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Cianjur.

Tim

By Seru