Masyarakat Desa Sisobahili Sampaikan Usul Melalui MUSRENBANGDES

Gemantararaya. com (Afulu -Nisut) Pemerintah Desa Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara (Nisut) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan MUSRENBANGDES (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) Tahun 2022 yang di gelar di Gedung Balai Pelatihan Desa Sisobahili, Jumat 29 Januari 2021.

Sesuai dengan tertib acara yang telah di bacakan oleh pembawa acara, yang pertama sekali nyanyi dan doa yang dibawakan oleh Fatisama Zalukhu, S.Pd, dan setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya yang pimpin oleh Devi Zai, SH.

Kepala Desa Sisobahili an, Nisura Zalukhu melalui kata pembukaan menyampaikan bahwa pada kesempatan ini kami sampaikan kepada kita semua dalam rangka pelaksanaan Musrenbang di tingkat Desa bertujuan adalah untuk memusyawarahkan rencana pembangunan yang bersumber dari APBD bukan anggaran dana desa. Hal ini kami sampaikan supaya nanti kita tiba pada ruang diskusi tidak berkesalahan penyampaian pendapat atau usul “harapnya”

Lanjut Kades” dalam melaksanakan Musrenbangdes ini berkesempatan baik buat kita semua untuk menyampaikan usul lokasi pembangunan yang sangat diprioritaskan untuk kepentingan umum pada tahun anggaran 2022.”jelasnya”

Kemudian Kepala Desa lebih menjelaskan bahwa hasil kesepakatan kita hari ini, bukan menjadi keputusan tetapi hanya sebagai bahan usulan kami nantinya sebagai pemerintahan Desa ke tingkat kecamatan pada Musrenbang kecamatan “ucapnya”

Selanjutnya Kepala Desa Sisobahili menyampaikan laporannya kepada masyarakat tentang kegiatan pada tahun 2020 yang bersumber dari anggaran dana desa, diantaranya pembangunan Balai Pelatihan, Nisura Zalukhu menjelaskan pembangunan ini bukan milik pribadi atau hanya milik pemerintah Desa, tetapi gedung ini adalah milik kita bersama, maka dari itu kami himbau agar kita pelihara dengan baik “harapnya”

Beberapa sambutan baik dari yang mewakili LPM, BPD dan Tokoh Masyarakat Desa Sisobahili dan terakhir kata sambutan dan arahan yang mewakili Camat Afulu an.Masa’ari Zalukhu.

Ketikan pada ruang diskusi yang di pandu oleh Kades Sisobahili, maka berbagai usulan dari masyarakat untuk pembangunan pada tahun 2022 diantaranya pembangunan jembatan sungai Lafau perbatasan Desa Lauru Lahewa Kecamatan Afulu, peningkatan ruas jalan dari Desa Sisobahili Kecamatan Afulu menuju Desa Tugala Lauru kecamatan Lahewa Timur, pembangunan Irigasi di sawah Totoi, penambahan RKB di SMPTK dan SMTK Arastamar dan Kantor Guru atau rumah dinas Guru di SD Sisobahili dan terakhir pembangunan jalan dari dusun I menuju Kampung Hiligawua.

Pada pelaksanaan Musrenbangdes kali ini turut hadir Camat Afulu dan staf, seluruh aparat dan perangkat Desa Sisobahili dan para tokoh agama, pemerintah dan adat dan seluruh lapisan masyarakat. (Fzal)

By Geya