Sabayuti Gulo Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Hadiri Musrenbang Kecamatan Somolo-Molo

Gemantararaya.com (Nias) Sabayuti Gulo Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias hadiri musrenbang di Kecamatan Somolo-Molo Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara, Kamis (4/2/2021).

Sabayuti Gulo Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias ketika dihubungi melalui komunikasi selulernya meminta tanggapan tentang pelaksanaan musrenbang di kecamatan Somolo-Molo, dan oleh Sabayuti Gulo Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan pada keterangan persnya menyampaikan bahwa pelaksanaan musrenbang di kecamatan Somolo-Molo berlangsung dengan sukses.

Sabayuti Gulo mengatakan bahwa musrenbang RKPD dilaksanakan disetiap kecamatan termasuk kecamatan Somolo-Molo adalah ajang untuk mendapatkan informasi mengenai isu-isu informasi strategis wilayah kecamatan untuk di formula dalam bentuk usulan kegiatan dan dapat disepakati sebagai usulan prioritas pembangunan berskala kabupaten,”ujarnya”.

Lanjut, Sabayuti menuturkan bahwa melalui musrenbang ini diharapkan adanya sinegiritas dan sinkronisasi dan keterpaduan perencanaan pembangunan tahun 2022 untuk dapat mewujudkan kabupaten Nias yang maju. Diharapkan penanganan infrastruktur jalan-jalan strategis bila perlu dilekatkan dana pemeliharaannya sehingga sewaktu-waktu bila terjadi kerusakan dapat segera diperbaiki. Sinkronisasi kegiatan pembangunan oleh pemerintah desa harus sejalan dengan aksi agenda pemerintah kabupaten. Desa punya anggaran sendiri lumayan besar, diharapkan diarahkan penggunaannya sejalan dengan program pemerintah kabupaten. Maka perlu pemetaan jaringan jalan yang menjadi kewenangan desa dan kewenangan kabupaten, “tuturnya

Sabayuti Gulo menjelaskan bahwa keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di desa dapat menjadi pintu masuk pemerintah kabupaten untuk memberi intervensi sehingga aksi-aksi dana desa dapat sejalan dengan program kabupaten,”jelasnya”.

Ditambahkannya, bahwa yang menjadi kebutuhan kecamatan Somolo-Molo saat ini yang mendesak diantaranya adalah infrastruktur jalan, utamanya akses menuju kota administrasi kecamatan yaitu pemeliharaan dan perbaikan ruas Sogaeadu- Somolo-Molo, peningkatan ruas jalan Somolo-Molo, Sisobawino I, peningkatan jalan Lasarasiwalubanua kecamatan Ma’u menuju Lewuombanua kecamatan Somolo’Molo, “tutup Sabayuti. (Arg/red)

By Geya