Kecamatan Afulu, Gelar Musrenbang RKPD Tahun Anggaran

Afulu – Nias Utara, Pemerintah Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara melakukan MUSRENBANG di setiap desa dan kecamatan bahkan sampai ke tingkat kabupaten. Berdasarkan surat bupati nomor : 050/72-05/Bappeda/2021 tanggal 29/01/2021 perihal jadwal pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan.

Maka pemerintah tingkat kecamatan Afulu menindaklanjuti surat bupati untuk melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (MUSRENBANG) RPKPD tahun 2022 yang dilaksanakan di aula kantor camat Afulu selama dua hari di mulai hari Senin tanggal 08-09 bulan Februari 2021.

Dalam beberapa rangkaian acara yang di sampaikan oleh pembawa acara di antaranya menyanyikan lagu Indonesia raya dan berikutnya kata pembukaan oleh camat Afulu Armanjas Waruwu, SST, sekaligus menyampaikan laporannya.

Dalam laporannya bahwa pelaksanaan musrenbang tingkat desa sudah terlaksana di sembilan desa wilayah kecamatan Afulu dan beberapa usul yang telah di sepakati oleh masing-masing desa, dimana usul tersebut adalah pembangunan infrastruktur sarana prasarana jalan.

Lajut camat menyampaikan usulan kepada pemerintah daerah Nias Utara, diantaranya pembangunan ruangan pertemuan kantor camat yang sedang kita lihat bersama bahwa sudah tidak layak digunakan lagi karena berbagai faktor baik kerusakan dan begitu juga plafon, sehingga kita tidak nyaman dalam melakukan kegiatan pada setiap adanya pertemuan.

Camat berharap supaya apa yang di sampaikan dari tingkat desa untuk pembangunan pada tahun anggaran 2022, supaya benar-benar hasil musyawarah dan merata di setiap desa, termasuk aula kantor camat Afulu, “harap camat”

Sambutan dari Ketua DPRD Nias Utara, Sukamto Waruwu menyambut baik kegiatan dimaksud karena pelaksanaan musrenbang sangat penting untuk menyampaikan usul setiap perencanaan pembangunan di setiap tahunnya.

Sukamto Waruwu menyatakan bahwa segala kebutuhan dan keputusan terkait pembangunan maka kami dari lembaga DPRD mendukung sesuai dengan hasil akhir dari tingkat kecamatan.

Sambutan yang mewakili tokoh kecamatan Afulu oleh Amizaro Waruwu (bupati terpilih) menyampaikan bahwa kami sangat senang sekali dan mengapresiasi kegiatan hari ini. Dimana kami dapat di undang dalam rangka musrenbang hari ini.

Usulnya ada beberapa hal termasuk tambatan perahu di desa Faekhunaa dan jalan dari desa Sifaoroasi menuju Dahadano dan kemudian dari desa Lauru Fadoro menuju Banua Sibohou.

Lanjutnya” untuk desa Afulu supaya bangunan itu harus berpotensi pendapatan karena warga Afulu lebih banyak warga nelayan.

Untuk bangunan tahun 2020 yang dari desa Onozalukhu kecamatan Lahewa menuju desa Sisobahili kecamatan Afulu jelas kami sampaikan dalam kesempatan ini kepada dinas PUPR Nias Utara untuk mempertimbangkan lagi lanjutannya dan bagaimana supaya ditambahkan pelebarannya. Kami perhatikan bahwa pembangunan itu sangat tidak layak karena lebarnya hanya tiga meter sementara badan jalan sudah ada dengan ukuran 4 meter. Dan hal ini bisa bisa memakan korban bagi yang melintas di ruas jalan tersebut, “tegas Amizaro”

Bupati Nias Utara yang di wakili oleh Asisten II Sekda. Raradodo Waruwu membaca pidato Bupati Nias Utara dan sekaligus membuka secara resmi musrenbang kecamatan Afulu.

Bupati dalam perencanaan pembangunan ke depan supaya kita tetap sejalan dan sependapat untuk melakukan pembangunan ke masa yang akan datang. Dalam pidato bupati ada beberapa hal pembangunan yang masih belum maksimal di karenakan SDM dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, sehinnga beberapa kendala maka hal itu mari kita rubah pola pikir supaya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Nias Utara.

Pada acara musrenbang itu turut hadir Asisten II, Ketua DPRD Nias Utara Sukamto Waruwu dari Partai Golkar, dan anggota DPRD yang berasal dari Dapil IV Lahewa -Afulu, Bedali Lase dari partai Hanura, Abibus Baeha dari partai PAN dan Herman Lahagu dari partai PKPI, kepala unit kerja, Bappeda, kepala dinas pendidikan, perikanan, BPBD, dan unsur perwakilan dari masaing-masing OPD, kepala desa se-kecamatan Afulu, BPD, LPM dan unsur forkompimcam kecamatan Afulu, tokoh masyarakat, agama, pemerintah dan tim PPK LSM dan juru warta yang ada di wilayah kecamatan Afulu.(Fzal/red)

By Geya