Pemerintah Kabupaten Nias Laksanakan Pertemuan Tahap I Pada Penyusunan RKPD Tahun 2022

Gemantararaya.com

NIAS – Pemerintah kabupaten Nias laksanakan pertemuan tahap I pada penyusunan RKPD tahun 2022 di Gedung Salak Madu kota Gunungsitoli provinsi Sumatera Utara berlangsung sukses, Kamis (18/02/21).

Pada pertemuan penyusunan RKPD tahun 2022 dihadiri oleh bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, M.M, wakil bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, sekda kabupaten Nias Drs. Firman Yanus Larosa, Ameyunus Zai, S.Pd wakil ketua DPRD dari fraksi Golkar, Maspena Gulo, S.E. Pebrianus Gori anggota DPRD dari fraksi Nasdem, pimpinan dan staf perangkat daerah kabupaten Nias, para Camat dan delegasi masing-masing kecamatan se-kabupaten Nias.

Danius Harefa, ST sekretaris Bappeda melaporkan bahwa pada penyusunan RKPD tahun 2022 berdasarkan hasil Musrenbang disetiap kecamatan yang ada di kabupaten Nias. Ia menuturkan pentingnya sinegritas dalam mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemulihan ekonomi daerah, dan pola pembangunan harus sinkron dengan bupati dan wakil bupati Nias yang terpilih, “tuturnya”.

Ameyunus Zai, S.Pd menjelaskan bahwa pertemuan pada penyusunan RKPD tahun 2022 kami dari lembaga legislatif menyambut baik dan mendukung program pemerintah sepenuhnya. Pada pemerintah lama dan yang baru terjadi transisi dalam waktu dekat ada pergantian pemimpin daerah, untuk itu harus ada penyesuaian pada penyusunan RKPD disesuaikan dengan visi misi bupati terpilih dengan visi kabupaten Nias Maju yaitu desa terakses, ibu kota terurus, kesehatan, pendidikan dan sumber daya manusia beranjak, petani peternak dan nelayan produktif yang dikenal dengan Trisakti Nias Maju, “jelasnya”

Lanjut Ameyunus mengatakan bahwa ada tiga kecamatan yang masih terisolir yaitu kecamatan Ma’u, Kecamatan Somolo- molo, dan Kecamatan Ulugawo. Di ketiga Kecamatan ini diharapkan perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Nias untuk membangun infrastruktur jalan, ini harus menjadi skala prioritas, “tandasnya”

Pada arahan Drs. Sokhiatulo Laoli, M.M, Bupati Nias mengatakan bahwa pada Penyusunan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah kabupaten Nias tahun 2022 adalah didasarkan pada undang- undang No. 23 tahun 2014. Pelaksanaan program pemerintah dilaksanakan secara partisipatif, strategis, dan skala prioritas. Dan pada pencapaian jangka menengah tidak tertutup kemungkinan untuk melanjutkan program pemerintah lama dan pemerintah baru. Bupati Nias sampaikan kepada DPRD kabupaten Nias selama dua tahun terjadi refocusing anggaran atau keterbatasan anggaran, dan apa yang menjadi aspirasi masyarakat, pemerintah wajib merespon dengan dasar peraturan dan mekanisme yang ada, “papar bupati

Bupati Nias menanggapi pernyataan dari wakil ketua DPRD Kabupaten Nias, pihaknya membenarkan bahwa ketiga kecamatan yang disampaikan oleh bapak Ameyunus Zai betul-betul menjadi skala prioritas pembangunan di bidang infrastruktur.

Ia meminta kiranya dinas pertanian memperhatikan pembangunan di sektor pertanian yang ada di wilayah kecamatan Idanogawo, kecamatan Gido dan juga kecamatan Bawalato, karena potensi perekonomian yang ada di tiga kecamatan ini adalah pertanian “tutup bupati

(Arg/red)

By Geya