Pengetahuan Penting Lahirnya Lembaga – Organisasi Gemantara Raya

oleh : Rudy. S

Organisasi Gemantara Raya bermula digagas atas dasar bobrok nya organisasi Gerakan Masyarakat Nusantara (Gemantara) yang saat itu dipimpin oleh inisial (US). Yang konon kala itu beliau adalah Wasekjend dan menjadi Ketua Umum secara tidak jelas pengangkatannya. Baik Munas, Munasub, dan rapat lainnya terkait pengangkatan seorang Pimpinan Tinggi (Ketua Umum).

Perjalanan Gemantara semakin membingungkan, bahkan perubahan AD-ART, perubahan Nama Lembaga, perubahan struktur DPP, perubahan icon, logo, perubahan nama tingkat kepengurusan, bahkan perubahan legalitas organisasi dari (SK Menkumham) buyar dan membingungkan dasarnya. Bahkan ada yang mengaku dirinya Gema Nusantara (Gematara), Gerakan Masyarakat Nusantara (Gemantara), bahkan ada yang mengklaim keduanya milik mereka secara sah, bisa dapat penjelasan lebih lengkap lewat telusur akun media sosial.

Ketika kebingungan atas organisasi tersebut, sehingga menuai kritik dan pertanyaan yang harus dijawab dengan jelas oleh Ketua Umum (red). Pertanyaan tersebut terutama terucap dari Rudy. S yang saat itu sebagai pimpinan daerah Riau, dan sekarang adalah Sekretaris Jenderal Gemantara Raya atas surat penyerahan jabatan oleh Ibu Christina Sophian yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Namun tidak ada penjelasan yang bisa masuk logika yang waras dari yang bersangkutan (Ketua Umum). Sehingga Rudy.S yang sudah tergolong senior dalam pemahaman organisasi semakin bertekat untuk penjelasan ini demi dikenal oleh masyarakat, dan bagian dari transparansi publik juga demi marwah sebuah organisasi yang telah di cintai.

Tanggal dan waktu silih berlalu, akhirnya Rudy mendapatkan informasi yang aktual dari sumbernya bahwa: para pendiri dari Gemantara telah disingkirkan oleh ketua umum (red), dan telah mengganti struktur hingga badan hukum organisasi secara sepihak, dan tidak melalui proses yang patut oleh sistem dan aturan organisasi. Sehingga semakin membuat penasaran bagi Rudy atas hal ini menurutnya hal ini fatal dalam sejarah organisasi yang yang benar.

Seiring dengan waktu yang semakin berlangsung, Ketua Umum (US) diduga semakin brutal.Bahkan rasa penasaran Rudy karena jangan2 badan hukum organisasi diterbitkan oleh pengaruh kebohongan yang dirangkai dengan terencana. Sehingga legalitas organisasi diterbitkan kembali oleh instansi pemerintah yang berwewenang tanpa setahu Pendiri dan dasar-permohonan yang dibenarkan oleh prosedur administrasinya.

Akhirnya penasaran itu terhenti saat Rudy yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal menerima aduan daripada beberapa pengurus DPP yang telah disingkirkan lewat Surat Keputusan. Diantaranya Wakil Ketua Umum (Tenor Amin), Silvia Labb (Ketua Depok), dan lainnya. Termasuk penjelasan Diansyah Putra, SE (Gumay) yang salah satu dari pendiri organisasi itu sendiri.

Atas hal tersebut pastinya harus diambil tindakan yang tepat demi meminimalisir kesesatan yang semakin bertambah, terutama bagi Rudy yang sangat kental dan dibesarkan dalam sistem pemahaman organisasi. Akhirnya beliau mengambil sikap dengan menyurati Ketua Umum (US) dengan perihal Konfirmasi dan Klarifikasi atas hal yang terjadi dalam organisasi Gemantara, dengan notabene: Akan membubarkan diri bersama seluruh jajaran bilamana surat tersebut tidak dibalas dalam waktu yang telah di tentukan.

Akhirnya jawaban tidak kudung datang pada tempo yang ditetapkan, dan akhirnya Rudy sebagai Pimpinan Daerah memastikan sikap bubar bersama jajaran, dan seterusnya menindak lanjuti gagasannya untuk perbaikan organisasi yang telah bobrok, seterusnya direncanakan bersama orang-orang yang telah disingkirkan dan terzolimi oleh (US). Terutama meminta Diansyah Putra, SE untuk memimpin organisasi ini setelah perbaikan dikemudian hari bersama sama.

Meskipun awalnya Diansyah Putra, SE awalnya menolak tawaran atas gagasan yang disampaikan oleh Rudy, namun atas suport yang lain akhirnya Diansyah Putra, SE menyampaikan kesiapannya, namun beliau menyampaikan keadaan sibuknya. akan tetapi Rudy menyampaikan akan memahami dan kedepannya akan mencari termasuk Rapim menetapkan Ketua Umum atas Musyawarah Nasional.

Saat inilah momentum yang bersejarah dalam pembaharuan organisasi Gerakan Masyarakat Nusantara (Gemantara) berubah menjadi Gerakan Masyarakat Nusantara Raya (Gemantara Raya) dalam legalitas nya dikarenakan tidak bisa menggunakan nama organisasi yang lama akibat caplok dan perubahan yang dinilai tidak berdasar, atau dilakukan sepihak oleh (US).

Atas berdirinya Gemantara Raya kita patut bersyukur atas juang para pejuang yang tampil tanpa spasi, yang hadir, aktif dan terlihat selalu dalam baris satria juang, terlebih kepada pejuang, penggagas, bahkan penyelamat organisasi yang telah banyak berbuat kepada masyarakat meskipun nafas terkadang sengal, namun jiwa satria juangnya tidak pernah ada koma (AM RUDY S) nama lengkapnya.

Izinkan kami merilis perjuangan beliau yang terus menyala demi kebaikan organisasinya, kecintaan terhadap pasukan dan jajarannya, dan kecintaan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang pasti membutuhkan pemberdayaannya. Berikut petikan semangat juangnya:

“Gemantara Raya kita gagas dan desgn dengan sistem Tri Power/tiga kekuatan yang maksudnya memiliki 3 perangkat yakni satu detak jantung action perjuangan:

1.Lembaga Sosial Kontrol & Pemberdayaan Masyarakat *Gemantara Raya* sebagai wadah atau induk dari Tri Power yang dalam perannya sebagai kontrol yang sempurna. Terdiri pengawasan, Pendampingan, & pemberdayaan masyarakat, mengkonfirmasi, mengsomasi, melaporkan, dan menggugat objek yang ditanganinya. Sehingga bergegas serentak dua (2) perangkat lain yang telah di persiapkan demi untuk acting yang maximal, dan kesempurnaan dalam bertindak.

2.Hukum & Advokasi yang berperan mendampingi, membela, dan memberikan payung perlindungan hukum, dan memiliki bagian sejajar juga keabsahan dalam badan hukum Gemantara Raya, sebagai bagian perangkat support live atas turutnya Lembaga dalam penegakan supremasi hukum yang benar dan berkeadilan. sehingga kontrol hukum juga menjadi bagian prioritas utama untuk di kawal dalam bagian peran Tri Power.

3.Media Cyber Group Gemantararaya.com sebagai Pimpkoord Media2 yang tergabung dalam Tri Power, juga telah memiliki keabsahan dalam point badan hukum Gemantara Raya yang juga berperan sejajar, dan serentak dalam juang objek tugasnya dalam hal publikasi secara bersamaan. Sehingga seluruh rangkaian peristiwa serta kegiatan dapat langsung terupdate, terpublikasi, terungkap viral dengan speed maximal. Hal ini tentunya kita paham bahwa ini juga keunggulan dari lembaga atau organisasi kita. Sehingga seluruh kegiatan dapat kita tangani dengan cepat, tuntas dan cepat.

Tri=Tiga
Power= Kekuatan menjadi satu dan serentak dalam setiap item rangkaian kegiatan. Baik dari pengaduan masyarakat (Dumas) permberian penanganan lewat surat kuasa, temuan team, dan bantuan hukum bagi yang lemah untuk mendapatkan daya dan payung keadilan melalui executi peran masing-masing perangkat Tri Power, demi penanganan lebih baik, tepat, dan akurat.

Salam Kenal Organisasi Sosial Kontrol Dan Pemberdayaan Masyarakat Yang Tri Power (Gemantara Raya dan Perangkat Satria). Terlahir dan besar atas dukungan dan terlebih doa semua pihak, organisasi ini bukan lagi milik saya, bukan pula milik kami, akan tetapi milik semua orang. Mari saling mengisi, dan mari tidak melupakan sejarahnya, serta ayo kita untuk saling mencintainya.

RUDY ANDIKA, S.Hl
*Penggagas
*Pendiri Lembaga
*Sekjend DPP
*Ketua DPD Riau
*Pendiri Media Group
*Pimpinan Umum Media Group.

🙏🏻🇲🇨 Wassalam 🇮🇩🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *