PT. Toba Pulp Lestari adakan Sosialisasi Rencana Kerja Tahunan di Desa Sigalingging

Gemantararaya.com, Dairi Sumut Sosialisasi yang dilakukan oleh pihak PT.TPL bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Parbuluan IV kec. Parbuluan kab. Dairi Kamis 04/03/2021, H.Napitupulu staff PT. TPL dalam penyampaiannya bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap kegiatan harus diketahui daerah yang bersinggungan dengan PT. TPL pihaknya berterimakasih atas kesediaan masyarakat menghadiri acara sosialisasi tersebut. Selanjutnya Y.Panggabean Bid bantuan Dana CD, H.Tambunanan
menyampaikan, bahwa Desa Parbuluan IV masuk wilayah sektor Tele yang terdiri dari 4 kabupaten. Visi misi PT. TPL “berkembang bersama masyarakat, “Ujar Tambunan.

Ketika ada penebangan maka harus ada kontribusi ke masyarakat daerah yang bersinggungan dengan lokasi tersebut, jumlah dana CD besaran penerimaan tergantung luas dan konsesi, yang paling luas Desa Parbuluan IV papar Y.Br. Panggabean.

Dengan diadakannya sosialisasi ini maka akan terhindar dari masalah yang dihadapi masyarakat. F.Siahaan dari pihak lingkungan dan sertifikasi mengatakan bahwa saat pemanenan selalu diadakan pengelolaan dan pengontrolan beliau juga menghimbau supaya masyarakat jangan membakar lahan khususnya daerah yang bersinggungan dengan lokasi PT.TPL karena dengan mudah diketahui lewat satelit paparnya.

Saat sesi tanya jawab Romulus Sigalingging mewakili tokoh masyarakat serta pemegang ulayat menyampaikan ,”Kami sangat bangga dengan kerjasama dan hubungan baik yang dijalin seperti saat ini, selama ini kita sepertinya ada jarak dan kurang ada kordinasi sehingga apabila ada masalah agaknya sulit diselesaikan ujar,” Romulus Sigalingging. Namun saat ini sudah harmonis ini sebenarnya yang kami harapkan, kami tidak bermaksud menghambat para pengusaha untuk menjalankan usahanya khususnya PT.TPL namun adalah kerjasama serta hubungan yang harmonis diantara keduabelah pihak, tambahnya.

Selanjutnya L.Hutabarat meminta tanggapan atas kekwatiran masyarakat Desa Parbuluan IV tentang keberadaan kualitas air yang bersumber dari lokasi dimana berdekatan dengan lahan yang dikerjakan PT. TPL kwatir dengan penggunaan pestisida yang berdampak buruk pada kualitas air, menurut F .Siahaan semua bahan kimia yang digunakan tidak langsung merusak lingkungan, dikarenakan setiap 2x setahun diambil sample air untuk dianalisis untuk dikirim ke Sucofindo jadi apabila ada masalah akan segera di atasi tuturnya. Menurutnya Bidang Penanganan lingkungan Prosedur pelaksanaanya sesuai dengan Standart IFCC.

Turut hadir T. Tambunan Kepala Humas Sektor Tele, Y .Panggabean bagian Dana CD, F Siahaan Bagian Lingkungan dan Sertifikasi , H Napitupulu staf Humas TPL, Drs.Togar Sigalingging, Romulus Sigalingging (pemegang ulayat), Arnot Sagala Kepala Desa Parbuluan IV, Lumumba Hutabarat Ketua DPD Gemantara Raya Provinsi Sumut. (L.H /red)

By Geya