Masyarakat Desa Banua Sibohou Silima Ewali, Surati Bupati Nias Untuk Memohon Pemberhentian Pj. Kades

Gemantararaya.com – NIAS

Masyarakat desa Banua Sibohou Silima Ewali kecamatan Bawolato kabupaten Nias provinsi Sumatera Utara, surati Bupati Nias tertanggal 09 Maret 2021 dengan perihal: Memohon Pemberhentian Pj. Kades Banua Sibohou Silima Ewali an. Teheziduhu Hulu. Dan tembusan : Camat Bawolato, Ketua DPRD Kabupaten Nias (cq. Ketua Komis I), Kadis PMD, Inspektorat kabupaten Nias, dan LSM/Jurnalistik, Rabu (10/3).

Masyarakat yang mewakili menyurati Bupati Nias yakni, Auguslin Ndudu, Raeli Hulu, dan Tohuzatulo Hulu adalah masing- masing penduduk desa Banua Sibohou Silima Ewali. Dalam isi suratnya alasan untuk pemberhentian Pj. Kades an.Teheziduhu Hulu adalah sebagai berikut :

  1. Pemotongan gaji perangkat desa setiap bulannya.
  2. Pengalihan fisik bangunan perkerasan jalan dari dusun I ke dusun VII tanpa musyawarah masyarakat desa.
  3. Pemotongan HOK pekerja dan uang lansiran bahan material.
  4. Dana bencana alam sebesar Rp. 60.000.000 (enam puluh juta rupiah) dan tidak terealisasi seluruhnya.
  5. Biaya prasarana rumah ibadah dengan jumlah Rp. 40.000.000 (empat puluh juta rupiah) tidak terealisasi seuluruhnya.
  6. Tunjangan dan biaya operasional perangkat desa sebesar Rp. 140.800.000, (seratus empat puluh juta delapan ratus ribu rupiah) belum dilaksanakan.
  7. Dari dusun II sampai dusun VII oleh Pj. Kades an. Teheziduhu Hulu hanya dibayarkan kepada masyarakat pekerja melalui kepala dusun hanya 13.000.000/patok, dan yang seharusnya yang ada dipapan kegiatan sebesar Rp. 22.000.000/patok.

Raeli Hulu dalam keterangan jumpa persnya di lingkungan kantor Bupati Nias menyampaikan kami barusan mengantarkan surat kepada Bupati Nias melalui stafnya di Kabag Humas dan kami telah ketemu langsung dengan asisten 1, dan beberapa hal kami sampaikan kepada asisten 1 Jefry Wa’u berdasarkan isi surat kami kepada Bupati Nias terkait permohonan pemberhentian Pj. tersebut.

Lebih lanjut Raeli Hulu sampaikan bahwa sudah menyurati Camat Bawolato akan tetapi pihak Camat tidak merespon bahkan merasa diabaikan surat kami tersebut. Dan asisten 1 Jefry Wa’u saran kami untuk menyampaikan kembali kepada Camat Bawolato karena pihak Camatnya yang mengusulkan nama Pj. kepada Bupati Nias, dan ketika Camatnya mengusulkan nama Pj. baru tentunya Bupati tinggal menetapkan Pj. baru.

Raeli Hulu berharap agar Bupati Nias mencopot Teheziduhu Hulu dari jabatan Pj. Kades Banua Sibohou Silima Ewali, “harapnya.

Tohuzatulo Hulu keterangan jumpa persnya di lingkungan Dinas PMD Kabupaten Nias, sampaikan bahwa barusan kami di ruangan kantor Sekdis PMD untuk melakukan koordinasi terkait laporan kami sebelumnya dan juga surat kami kepada Bupati Nias untuk memohon pemberhentian Pj. Kades Banua Sibohou Silima Ewali. Dan Sekdis PMD kami disarankan untuk berkoordinasi dengan camat.

Bahwa ulah Pj. Kades ini dapat berefek konflik ditengah-tengah masyarakat, untuk itu sebagai orangtua kami ditingkat kabupaten dapat memberi solusi yang baik, dan solusi yang tepat adalah pemberhentian Pj. tersebut, dan ketika tidak secepatnya dicopot Pj. ini maka akan terganggu jalannya roda pemerintah desa, karena antara perangkatnya tidak ada keharmonisan dan komunikasi yang baik. Dan kami mengusulkan pemberhentian Pj. Kades ini bukan karena ada rasa benci atau manuver kepentingan akan tetapi ada sikap Pj. ini yang mendasar yang tidak berpihakkan kepada kepentingan masyarakat,”papar Tohuzatulo Hulu. (Arg/red)

By Seru