NIAS – Gemantararaya.com

Warga dusun IV desa Banua Sibohou Silimaewali datangi Kantor Camat Bawolato, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (18/03)

Keterangan jumpa pers kadus IV (empat) Fatulusi Hia di kantor Camat Bawolato, mengatakan bahwa kedatangan warga dusun IV (empat) desa Banua Sibohou Silimaewali di kantor camat Bawolato adalah untuk menyampaikan keluhan terkait kinerja Pj. kades Banua Sibohou Silimaewali, karena Pj. kades Teheziduhu Hulu belum melunasi gaji warga pekerja pada pembangunan jalan yang ada di dusun IV (empat) yang bersumber dari ADD/DD. Dan beberapa kali warga dusun IV mendatangi rumah Pj. kadesnya namun Pj. kadesnya tidak respon atas keluhan warga sebagai pekerja.

Lebih lanjut kadus IV (empat), Fatulusi Hulu menyampaikan Pj. kadesnya membenarkan bahwa anggaran tersebut telah masuk di rekening bendahara desa dan menjanjikan kepada warga sebagai pekerja akan dibayar pada anggaran tahun 2021, dan menjanjikan lagi dibayar secara utang pribadi namun sampai sekarang tak kunjung dibayarkan oleh Pj. kades tersebut. Gaji warga pekerja secara keseluruhan di dusun IV kurang lebih sebesar Rp. 200.12.000.000 (dua ratus dua belas juta rupiah), dan yang dibayarkan oleh Pj. kades hanya sebesar Rp. 122.500.000, (seratus dua puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) maka tersisa gaji pekerja ditangan Pj. kadesnya kurang lebih sebesar Rp. 89.500.000 (delapan puluh sembilan juta lima ratus ribu rupiah). Dan perlu saya sampaikan bahwa warga dusun IV terus mendesak saya agar gaji mereka akan segera dibayarkan, untuk itu agar Pj. kades segera melunasi sisa gaji warga sebagai pekerja,”terangnya.

Ketika awak media mau konfirmasi kepada Camat Bawolato terkait kedatangan warga dusun IV dan pihaknya camat tidak bersedia memberi keterangan persnya, camatnya mengarahkan awak media kepada Kasi PMD Aromoni Halawa, SH. Ketika awak media mau konfirmasi kepada Kasi PMD Aromoni Halawa, SH diruang kerjanya, demikian juga tidak mau diambil keterangannya terkait kedatangan warga desa Banua Sibohou Silimaewali, dan yang menjadi kesan ketika mau di wawancara Kasi PMDnya tidak mengizinkan merekamnya pada saat memberi keterangan persnya.

Salah satu warga sebagai pekerja atas nama Alusman Hulu dalam keterangan singkatnya, menyampaikan bahwa benar Pj. kadesnya belum melunasi gaji kami. Dan harapan kami kepada Pj. kadesnya segera membayar hasil keringat kami,”harap Alusman Hulu.

Ketika awak media berusaha menghubungi via seluler Pj. kadesnya tidak tersambung. (ArG)

By Seru