Dampak Hujan Deras, Lokasi Destinasi Wisata Cagar Budaya Yang Ada Di Desa Lahemo Longsor

Gemantararaya.com – Nias

Dampak hujan deras lokasi destinasi wisata cagar budaya Batu Megalit Gowe Duada Ho yang ada di desa Lahemo kecamatan Gido kabupaten Nias propinsi Sumatera Utara, Jum’at (19/03)

Keterangan jumpa pers kepala desa Lahemo Fa’ahakhododo Waruwu dikediamannya dilingkungan desa Hiliweto Gido, mengatakan bahwa terjadilah longsor hari Selasa pada malam harinya (16/03/2021).

Lanjut Kades Fa’ahakhododo Waruwu, menjelaskan destinasi Budaya Batu Megalit Duada Ho adalah merupakan wisata alam dengan peninggalan warisan Duada Ho. Pembangunan destinasi wisata Cagar Budaya Batu Megalit Ho merupakan milik pemerintah daerah kabupaten Nias. Untuk itu diharapkan dukungan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata kabupaten Nias memberi perhatian untuk melakukan penataan serta pengembangan Destinasi Wisata Budaya Batu Megalit Gowe Duada Ho, agar di desain sedemikian rupa sehingga memberikan daya tarik kepada wisatawan, “harap Kades Lahemo.

Fa’ahakhododo Waruwu tambahkan, dengan terjadinya longsor ini sebagai langkah awal yang saya lakukan dalam waktu dekat kami adakan rapat desa untuk melaksanakan kegiatan gotong royong. Dan saya himbau kepada masyarakat yang mengendarai roda empat dan roda dua agar berhati-hati melewati jalan yang berdekatan dengan tanah longsor tersebut,”himbauan Kades

Di tempat terpisah konfirmasi kepada Camat Gido Jellysman Geya, SSTP, M.Si di ruang kerjanya menerangkan terkait adanya longsor di lokasi Destinasi Wisata Budaya Batu Megalit Duada Ho tentu merupakan bencana alam yang tidak boleh di tolerir akal kita. Dan perlu saya beritahu juga bahwa pembangunan Destinasi Wisata Budaya Batu Megalit Duada Ho adalah sumber dananya dari APBDes tahun 2019, tentu diharapkan agar pihak pemerintah desa juga melaksanakan kegiatan pemeliharaan yang cepat dan tanggap. Dan bangunan Destinasi Budaya Batu Megalit Duada Ho pernah pihak Inspektorat Kabupaten Nias melakukan audit dan bila memungkinkan pihak Dinas Pariwisata memberi perhatian untuk menangani dengan dukungan spontanitas tentu itu yang kita harapkan,”tutup Camat Gido. (ArG)

By Seru