NIAS – Kesbangpol pemerintah kabupaten Nias melaksanakan pendidikan politik di tiga wilayah kecamatan yakni : Idanogawo, Ulugawo, dan Bawolato, bertempat di Gedung Gereja BNKP Jemaat Tetehosi kecamatan Idanogawo, kabupaten Nias, provinsi Sumatera Utara, Kamis (25/03)

Kepala Kesbangpol kabupaten Nias AHD. Darwis Zendrato dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan pendidikan politik ini bertujuan untuk memberi pemahaman penting pendidikan politik di masyarakat akan budaya dan etika politik, “ujarnya

“Arti budaya politik yaitu sikap atau orientasi warga negara terhadap pemerintah dalam sistem kenegaraan” jelas kaban

Sambungnya, memaparkan etika politik adalah merupakan praktek moral atau tata kelakuan dalam proses pengambilan kebijakan dan keputusan karena itu merupakan tindakan politik dalam sebuah kebijakan pemerintah dalam suatu negara,”papar Darwis

Fo’arota Laoli (Kabid Politik dalam Negeri dan Ormas di Kesbangpol kabupaten Nias) mewakili sambutan Wakil Bupati Nias mengatakan materi pada pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat dapat memberi peningkatan pengetahuan dan pemahaman arti pentingnya politik. Negara Indonesia adalah sistem demokrasi dan memiliki kedaulatan dari rakyat karena keputusan politik harus melipatkan peran serta masyarakat. Pentingnya pendidikan politik masyarakat dapat berpikir secara kritik dalam sistem demokrasi kita dan juga apa yang terjadi bangsa dan negara sendiri.

“Mengajak masyarakat untuk ikut mendukung bahkan ikut serta dalam sebuah wadah organisasi dengan memberi pemikiran membangun bangsa dan negara ini terutama daerah kabupaten Nias”tutup Fo’arota Laoli. (ArG/red)

By Geya