Pelaksanaan APBDes Tahun 2020 Di Desa Banua Sibohou Silima Ewali Telah Sesuai Regulasi

Gemantararaya.com – Nias

Pelaksanaan APBEDes tahun 2020 telah sesuai regulasi di desa Banua Sibohou Silima Ewali kecamatan Bawolato, kabupaten Nias, propinsi Sumatera Utara, Sabtu (27/03/2021).

Teheziduhu Hulu dalam keterangan persnya dikediamannya dilingkungan kecamatan Bawolato mengatakan bahwa pelaksanaan APBEDes tahun 2020 dilaksanakan dengan mekanisme dan disesuaikan yang ada di Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pada pelaksanaan APBEDes tahun 2020, menempatkan fungsi-fungsi dan tupoksi perangkat desa, karena seluruh perangkat desa Banua Sibohou Silima Ewali telah saya SK kan mereka untuk melaksanakan tupoksinya masing-masing dan bertanggungjawab,”ucap Pj. Kades Teheziduhu Hulu.

Lebih lanjut Pj. Kades sampaikan bahwa pihak Inspektorat kabupaten Nias telah melaksanakan audit secara administrasi desa dilaksanakan di kantor Camat Bawolato pada hari Kamis (25/03/2021), dan juga audit fisik yakni infrastruktur jalan dan seluruh wilayah dusun yang ada desa Banua Sibohou Silima Ewali yang dilaksanakan pada hari Jum’at (26/03/2021). Dan saya sebagai Pj. Kades berterimakasih kepada Inspektorat kabupaten Nias dan tim dari dinas PMD dan PUPR kabupaten Nias telah melaksanakan audit administrasi dan fisik,”tutur Pj. Kadesnya.

Pj. Kades Teheziduhu Hulu tambahkan, mengatakan bila masyarakat saya belum puas pada pelaksanaan APBEDes tahun 2020, tidak perlu selalu beramsumsi negatif dalam pelaksanaan dalam pengelola ADD/DD untuk menyampaikan pendapat dan aspirasinya itu diperbolehkan tidak dilarang asalkan penyampaiannya sifatnya membangun dan tidak perlu mengambil kesan yang tidak baik karena jabatan saya sebagai Pj. Kades hanya sementara bukan jabatan defenitif. Dan perlu saya sampaikan bahwa kita menghormati proses audit Inspektorat, seandainya kira-kira ada temuan masih tersisa anggaran yang belum dilaksanakan oleh TPK, maka akan dikembalikan ke RKUDes, untuk itu kita bersabar menunggu hasil audit Inspektorat. Dan tahapan demi tahapan pelaksanaan APBDes tahun 2020 telah dilaksanakan sesuai regulasi dan mekanisme yang ada, karena perangkat saya yang berwenang melaksanakan APBDes tahun 2020 telah bekerja sesuai tupoksinya, walaupun ada sebagian yang tidak jujur dalam melaksanakan tugasnya terutama bidang verifikasi administrasi desa karena yang bertugas disitu adalah Sekdes akan tetapi selalu tidak displin dan tidak mau menandatangi berita acara sehingga menjadi kendala dalam proses pengelola APBDes, tentu diharapkan agar sehaluan dan sependapat membangun desa kita ini baik BPD dan maupun perangkat desa yang menunjukkan loyalitasnya,”tutup Pj kadesnya. (ArG)

By Geya