BPD Desa Gazamanu Telah Melaksanakan Fungsi Pengawasan Pada Pelaksanaan APBDes Tahun 2020

Media Cyber Gemantararaya.com

N I A S – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Gazamanu telah melaksanakan fungsi pengawasan pada pelaksanaan APBDes tahun 2020 di desa Gazamanu kecamatan Bawolato kabupaten Nias provinsi Sumatera Utara, Rabu (14/04/2021).

Ketua BPD desa Gazamanu Bazisokhi Lase dalam keterangan persnya di kantor desa terkait audit inspektorat kabupaten Nias, mengatakan bahwa kami sebagai BPD di desa Gazamanu telah melaksanakan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan APBDes tahun 2020,”ucap ketua BPD-nya.

Lanjut ketua BPD menjelaskan bahwa fungsi kami sebagai BPD adalah melaksanakan pengawasan dalam setiap program pemerintah desa dan BPD ini lazimnya sebagai DPR/legislatif desa karena BPD memilki fungsi ; pengawasan anggaran dan perencanaan aturan desa, “jelasnya.

Sambung Bazisokhi Lase sampaikan pelaksanaan APBDes tahun 2020 di desa Gazamanu telah terlaksana sesuai regulasinya menurut fungsi pengawasan kami sebagai BPD. Pada pelaksanaan APBDes tahun 2020 sudah diterima dan telah selesai pertanggungjawaban bulan Januari 2021. Pada pertanggungjawaban APBDes tahun 2020 sudah diterima oleh masyarakat dan juga pihak terkait seperti PMD dan juga kecamatan ikut bersama- sama menyetujui pada pertanggungjawaban APBDes tahun 2020, dan kami sebagai BPD telah mengawasi dengan baik berlangsungnya program pembangunan yang ada di desa kami.

Dan terkait audit yang dilakukan Inspektorat di desa Gazamanu adalah merupakan wewenang dan tugas dari pada Inspektorat untuk melaksanakan audit karena tanpa ada laporan masyarakat maka pihak Inspektorat tetap laksanakan audit. Dengan kedatangan pihak Inspektorat di desa kami masyarakat sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan ini. Dan kami sebagai BPD terus kami laksanakan pengawasan dengan baik pada pelaksanaan APBDes selanjutnya, “tutup ketua BPDnya.

Kades Gazamanu Tri Bakti Lase pada tanggapan pers di kantor desanya memaparkan bahwa terkait audit Inspektorat adalah saya sebagai kepala desa sangat mengapresiasi dan mendukung. Dan terkait laporan yang mengaku mewakili masyarakat desa Gazamanu untuk melaporkan saya diduga Mark UP dalam mengelola dana desa, dan menurut saya biarlah pihak Inspektorat menentukan hasil audit tentu kita menunggu hasil audit itu, dan apabila masih belum terlaksana dan tersisa anggaran, tentu kami sebagai pemerintah desa akan mengembalikan ke RKUDes, “papar kades

Penulis : Aroziduhu Gulo
Editor. : Redaksi

By Geya