Bupati Terpilih Nias Utara Hadiri Acara Pamitan Siswa Kelas XII SMKN 3 Lahewa

Gemantararaya.com (Lahewa – Nias Utara) Sudah menjadi kebiasaan pada akhir tahun pelajaran, di setiap sekolah melakukan acara pamitan dan atau merupakan acara syukuran atas ilmu yang mereka dapatkan dari para bapak ibu Guru selama beberapa tahun.

Siswa-siswi SMK Negeri 3 Lahewa kelas XII sebanyak 20 orang menggelar acara pamitan atau perpisahan di halaman sekolah SMKN 3 Lahewa yang berlokasi di desa Holi kecamatan Lahewa kabupaten Nias Utara provinsi Sumatera Utara pada hari Selasa (13/04/2021) sekaligus menampilkan berbagai kesenian dari siswa-siswi yang sudah dirancang dengan penuh semangat.

Pada acara pamitan tersebut dihadiri Amizaro Waruwu, S.Pd bupati Nias Utara terpilih, ketua DPRD Nias Utara Sukamto Waruwu, SE, Koramil 05 Lahewa Kapten Inf. HS.Lase bersama anggota, para rohaniawan sekaligus pembawa renungan, kepala desa Holi dan kepala desa Harewakhe, Plt kepala sekolah SMKN 3 Lahewa Lina Marleni Harefa, M.Pd, serta para bapak ibu guru SMKN 3 Lahewa, ketua komite sekolah Omeni Lase, para tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat dan seluruh para orang tua siswa/i kelas VII dan undangan lainnya.

Acara tersebut diawali dengan penerimaan para tamu dan pengalungan bunga beberapa undangan.

Kemudian acara selanjutnya, pemberian sekapur sirih kepada para tamu dan undangan lainnya, yang merupakan salah satu adat istiadat masyarakat kepulauan Nias.

Dalam kata pembukaan oleh ketua Panitia pamitan Ilanaso Zalukhu menyampaikan bahwa acara ini merupakan kesepakatan orang tua siswa/i SMKN 3 Lahewa dimana anak-anak kami telah mengikuti proses belajar dan mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan selama tiga tahun dari bapak ibu Guru SMKN 3 Lahewa.

Tentu kami sebagai orang tua wajar mengucap syukur kepada bapak ibu Guru, bahwa kami menyadarinya bahwa apa yang telah diberikan kepada anak-anak kami, oleh bapak ibu Guru selama tiga tahun, kami tidak bisa membayarkan dengan uang tau emas selain mengucapkan terimakasih. Sekalipun tidak seimbang ilmu pengetahuan yang di dapatkan oleh anak-anak kami, “ucapnya

Ketua Komite sekolah dan para tokoh yang menyampaikan sambutan pada acara itu mengaku merasa terharu dengan pelepasan para siswa. Yang telah mendapatkan prestasi yang diraih para siswa, sehingga tidak kalah dengan sekolah lainnya.

Beberapa sambutan menyampaikan bahwa setelah berdirinya sekolah SMKN 3 Lahewa, kami sangat berterimakasih dan selalu mendukung sebab kami menyadari bahwa tanpa sekolah maka anak-anak kami sebagai generasi penerus tidak berguna.

Tetapi setelah beberapa tahun kemudian kami merasa kecewa atas kepemimpinan kepala sekolah (Almarhum) yang tidak peduli dengan pendidikan hanya membuat kami resah dan kecewa bahkan tidak pernah ada acara seperti ini dan sekolah ini sudah mulai tutup akibat siswa tidak ada yang berminat mendaftar”ucap para tokoh”

Namun demikian kami tetap berdoa, supaya pihak pemerintah menugaskan kepala sekolah yang benar-benar peduli akan sekolah ini, dan hari ini dapat kami buktikan bahwa ibu kepala sekolah yang masih beberapa bulan sebagai Plt kasek SMKN 3 Lahewa dapat termotivasi dan berubah menjadi baik.

Harapan para tokoh 20 orang siswa yang dilepas hari ini, semoga menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat, cerdas dan berbakal mulia serta cinta lingkungan.

Menurut Kepala sekolah Lina Marleni Harefa, M.Pd menyampaikan kegiatan perpisahan ini bukan hanya sebagai seremonial saja tetapi pertanda atas keberhasilan siswa dalam meraih cita-cita. Perpisahan ini harus menjadi momentum keberhasilan siswa, sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya. Dimana tugas dan tantangan yang harus dihadapi lebih berat dan lebih kompleks.

Sekolah SMKN 3 Lahewa secara konsisten akan terus meningkatkan kualitasnya.Tetapi perlu kami sampaikan bahwa ada beberapa kekurangan di sekolah ini, yang harus kita benahi yang terutama jaringan telkomsel karena sekolah ini jurusan TKJ dan pertanian dan ada tujuh mata pelajaran tambahan.

Tentu hal ini menjadi kendala kami dalam melaksanakan tugas setiap hari. Dalam kesempatan ini kami berharap kepada pemerintah provinsi dan juga pemerintah daerah supaya dapat di perhatikan SMK Negeri 3 Lahewa pada masa yang akan datang.

Kasek juga memotivasi siswa, agar terus melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi sehingga dapat menggapai cita-cita dan menjadi inspirasi bagi anak didik yang lainnya. Apa yang dicapai hari ini belum final dari segalanya karena perjalanan dan perjuangan masih sangat panjang,” tambahnya

Pada kesempatan itu, Leni Marleni Harefa berpesan kepada seluruh siswa untuk
selalu menjaga nama baik diri sendiri, nama baik sekolah dan nama baik orang tua di manapun nantinya berada. “Pilih sekolah yang berkualitas, terakreditasi A dan berprestasi,” pesannya kepada orangtua siswa yang hadir.

Dalam sambutan bupati Nias Utara terpilih Amizaro Waruwu, S.Pd berharap kepada seluruh siswa yang telah lulus harus tetap terus melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Para alumni agar selalu displin dan tetap menjaga nama baik sekolah. Tetaplah melakukan hal-hal positif yang telah diajarkan oleh guru-guru di sekolah SMKN 3 Lahewa ini, “pungkasnya.

Tambahnya lagi “Sekolah adalah sangat penting bagi semua orang untuk dapat merubah nasibnya dan tidak perlu ada rasa takut untuk melanjutkan sekolah.

Amizaro Waruwu memberikan semangat kepada orang tua siswa, bahwa sekarang ini banyak orang tua dan siswa takut untuk memulai anaknya sekolah yang lebih tinggi, mari kita hilangkan rasa takut itu karena rasa takut itu bukan ada dimana-mana, melainkan ada di diri kita sendiri, “ucapnya.

Dan tidak pernah ada orang miskin jika anaknya sudah sekolah ke perguruan tinggi. Sekalipun ada kekurangan dan hal itu akan terwajab ketika anak kita mendapatkan keberhasilan untuk masa depannya.

Amizaro Waruwu memberikan semangat baik kepada orang tua siswa dan para Guru dan masyarakat supaya sekolah ini dijaga dan dipelihara dan segala kekurangan seperti apa yang disampaikan oleh kepala sekolah maka kami tetap mencatat dan akan kami perhatikan dan kerja sama dengan pihak pemerintah provinsi Sumatera Utara.

Kemudian bukan hanya di sekolah ini yang tidak dapat jaringan Telkomsel tetapi masih banyak di wilayah kabupaten Nias Utara. Tentu hal ini merupakan salah satu usaha kita bersama untuk mengusulkan kepada pihak pemerintah nantinya.

Amizaro Waruwu mengakhiri sambutanya mengucapkan selamat kepada siswa yang telah dilepaskan hari ini semoga menjadi anak yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara.

Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada para Guru yang telah mengabdi dan yang memberikan ilmu kepada siswa di sekolah ini, semoga tetap semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sekalipun masih banyak kekurangan sana sini”harapnya.

Penulis : Febeanus Zalukhu
Editor : Redaksi

By Geya