Kapolda Sumut Resmikan Polsupsektor Parbuluan Jadi Polsek Parbuluan

Gemantararaya.com – Dairi Sumut, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, M.Si mengukuhkan Polsupsektor Parbuluan menjadi Polsek Parbuluan Polres Dairi, pada tanggal 29/04/2021. Acara ini berlangsung di Lapangan Polsek Parbuluan yang juga dihadiri Pangdam I /BB Mayjen Hasanuddin, Kapolres Dairi AKBP Feriosano Ginting, SIK, M.Si, Bupati Dairi Dr. Edy Kelleng Ate Berutu, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Dairi Ledis Mariana Bakkara, SH, MH, Kejari serta jajaran Forkopimda kabupaten Dairi, Kapolres Pakpak Bharat, Ketua MUI H.Wahlin Munthe, SH,MH, Ketua PAMKA kab. Dairi Pdt.Dr. Esron Marpaung, Ormas PBB, KNPI.

Peningkatan status Polsupsektor Parbuluan didasari atas Surat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor. B/1278/II 0TL.1.1.1/2021. Selama ini dibawah naungan Polsek Sumbul jadi ada 4 kecamatan yang harus dihandle yaitu diantaranya kecamatan Sumbul, kecamatan Silalahi, kecamatan Tigabaru dan kecamatan Parbuluan.

Menurut Pdt. Drs.Togar Sigalingging, sangat bangga atas kehadiran 2 Jenderal di desa Sigalingging Kecamatan Parbuluan Dairi, disamping itu 5 Polsek di Sumut diresmikan secara Vidcom di Dairi. Bentuk rasa bangga atas kehadiran 2 Jenderal tersebut masyarakat memberikan ulos kepada Kapolda Sumut, Pangdam I / BB, Kapolres Dairi, Bupati Dairi, Ketua DPRD Dairi, Kejari, Ketua Pengadilan, Dandim dan Danrem Kawal Samudera. Penghargaan plakat juga diberikan oleh Kapolda Sumut bagi 6 orang yang merupakan pemerhati Polri dan TNI, Pdt. Drs.Togar Sigalingging, Pdt. Manat Sigalingging, S.Pd, Romulus Sigalingging, Rafael Siringoringo,SIP, Arnod Sagala, Lumumba Hutabarat.

Menurut Pdt.Drs.Togar Sigalingging Peningkatan Penatalayanan Kepolisian lewat peningkatan status Polsupsektor Parbuluan menjadi Polsek Parbuluan sudah lama ditunggu masyarakat. Polsupsektor Parbuluan diresmikan oleh Kapolda Sumut Drs.H.Wisjnu Amat Sastro S.H tgl 26/06/2011, setelah dikukuhkannya Polsupsektor hari ini, kami terbayang wajah orangtua kami dulu yang berjuang demi kepentingan umum, kini mereka tetap hidup . Selaku tuan rumah menurut Pdt.Drs.Togar Sigalingging, orangtuanya dan marga Sigalingging selaku pemegang ulayat di Parbuluan IV Sigalingging menghibahkan tanah ini untuk dijadikan kantor Polisi, tidak hanya itu, fasilitas yang dibutuhkanpun diberikan untuk kantor ini berupa mesin ketik (pada masa itu) dan meja, ujar Pdt. Drs.Togar Sigalingging.

Dalam sambutannya, Kapolda Sumut Irjen Pol. R.Z Panca Putra Simanjuntak, M.Si menyampaikan bahwa program Kapolri menjadikan Polisi Presisi Polisi yang siap melayani, Polisi yang dicintai masyarakat, yang profesional, proporsional dan prosedural dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Setelah selesai acara tersebut, dilanjutkan ke kecamatan Silalahi untuk menyaksikan penataan KJA sebagai bentuk dukungan terhadap program Nasional Destinasi Wisata Danau Toba.
(L.H)

By Geya