Tim Safari Ramadhan Di Nias Utara Tidak Transparan

Media Cyber Gemantararaya.com

NIAS UTARA – Bupati dan wakil bupati Nias Utara Amizaro Waruwu dan Yusman Zega menghadiri safari ramadhan buka puasa bersama dan halal bihalal pemerintah kabupaten Nias Utara provinsi Sumatera Utara tahun 1442 H/2021 di Mesjid Al-Bolia kecamatan Lahewa, Senin (03/05/2021).

Selain bupati dan wakil bupati juga dihadiri jajaran forkopimda Nias Utara, ketua dan anggota DPRD Nias Utara, kemenag, para ustad dan muspika kecamatan Lahewa serta tamu undangan lainnya.

Kedatangan bupati dan wabup serta rombongan, camat Lahewa menyampaikan kebanggaan dan rasa terimakasihnya atas kehadiran bapak bupati dan wakil bupati dengan atensi yang tinggi untuk hadir di kecamatan Lahewa pada acara safari ramadhan 1442 H di tahun ini, “kata camat.

“Kami masyarakat wilayah kecamatan Lahewa sangat bangga dan bahagia atas kehadiran bapak bupati dan wakil bupati serta rombongan, OPD sehingga kami lebih bersemangat dalam melaksanakan safari ramadhan yang akan berakhir tepatnya di wilayah kecamatan Lahewa, “ungkapnya

Dalam kesempatan itu, wakil bupati Nias Utara Yusman Zega mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Lahewa supaya bersama-sama menjaga kenyamanan dan kamtibmas dalam menjalankan ibadah di bulan puasa ramadhan dan tetap mematuhi protokol kesehatan, “harap wakil bupati .

Dalam kegiatan ini, bupati dan wakil bupati juga memberikan bantuan senilai Rp.3.000.000, 00 (tiga juta rupiah).

Menurut sambutan tim pelaksanaan kegiatan tersebut yang disampaikan oleh Maranata Harefa, SH bahwa kegiatan ini merupakan program pemerintah daerah Nias Utara untuk kegiatan keagamaan safari ramadhan (buka puasa bersama) tahun 1442 H/202.

Kegiatan ini bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten Nias Utara sebagai mana tertampung pada pos anggaran bagian kesejahteraan rakyat, sekretariat daerah kabupaten Nias Utara anggaran 2021, “jelas Maranata.

Beberapa aktivis saat itu berharap agar besaran anggaran dapat disampaikan namun sayangnya tidak disampaikan berapa besar pagu anggaran pada kegiatan tersebut.

Seharusnya dapat disampaikan supaya publik dapat mengetahuinya, apa lagi sudah ada dalam DPA dibagian kesejahteraan rakyat sekretariat daerah kabupaten Nias Utara 2021, “ungkap salah satu aktivis di kecamatan Lahewa.

Tambahnya lagi, bisa saja hal ini dapat kita duga adanya permainan dibalik penggunaan anggaran tersebut.

Ketika dikonfirmasi kepada ketua tim pelaksanaan Maranata Harefa melalui nomor whatsApp 0852-1406-2xxx, namun beliau tidak menjawab hingga sampai berita ini diterbitkan.

Setelah selesai acara buka puasa bersama dan halal bihalal safari ramadhan tahun 1442 H/2021di Mesjid Al-Bolia kecamatan Lahewa, bupati bersama wakil bupati Nias Utara, beberapa OPD berkunjung untuk silaturahmi di rumah Ama/Ina Rizka Mendrofa di Lahewa”

Pak Rijalmen Mendrofa (Ama Rizka) merupakn tokoh muslim dari kelurahan pasar Lahewa dan juga pernah menjabat sebagai ketua MWC Nahdatul Ulama (NU) kabupaten Nias Utara periode 2010-2015.

Penulis : F. Zalukhu
Editor : Redaksi

By Seru