Momen Kenaikan Isa Almasih, Pemuda Katolik Komcab Nias Barat dan OMK Paroki Salib Suci Nias Barat Merayakan Syukuran Paskah

Media Cyber Gemantararaya.com

Nias Barat – Pemuda Katolik Komcab Nias Barat bersama OMK Paroki Salib Suci Nias Barat merayakan syukuran paskah di Sirombu Marko Beach, momen hari kenaikan Isa Almasih, Kamis (13/5/2021)

Perayaan paskah tersebut dihadiri sejumlah tokoh umat serta puluhan kader militan Pemuda Katolik dan OMK, acara demi acara dipandu langsung Sekretaris Panitia Desiderius Gulo, S.Pd bersama sejumlah personil panitia yang telah terbentuk.

Perayaan paskah ini terlihat sangat sederhana namun terkesan memiliki makna yang sangat luar biasa, acara demi acara terlihat berjalan dengan baik, praktek solidaritas dalam semangat kebersamaan terlihat sangat luar biasa.

Rangkaian acara dalam perayaan paskah itu, diawali dengan acara sakral yaitu Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Yanuarius Bria OSC. usai misa, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Faris Hia, S.Pd, penyampaian kata kata sambutan mewakili tokoh umat disampaikan Ibu Enoni Hia, mewakili OMK paroki disampikan ketua OMK Paroki Eduar Waruwu, S.Pd selanjutnya kata penggembalaan dari Pastor Moderator.

Sesi berikut dilanjutkan penyampaian materi oleh ketua pemuda Katolik Komcab Nias Barat Yason Hulu dengan tema “SIAPA KITA?”, usai tanya jawab dilanjutkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan yang dipandu oleh panitia yang dilaksanakan di kompleks pantai Sirombu.

Sesungguhnya kita ini memiliki kekuatan yang sangat besar, hendaknya kita memiliki daya militan, prinsipil yang tidak bisa di ganggu oleh siapa pun, tidak mudah terpengaruh, apalagi terbawa arus, sekali Katolik tetap menjadi katolik yang sejati, dalam hati perlu ada prinsip militansi, Iman Katolik yang hakiki harus kita miliki, hendaknya juga memiliki integritas yang tinggi, sikap dan perbuatan harus menunjukkan perbuatan iman yang otentik bagi yang lain, tegas Faris Hia (ketua panitia) saat menyampaikan laporan panitia.

Ketua OMK Eduar Waruwu, S.Pd dalam sambutannya, kegiatan elaborasi antara Pemuda Katolik dan OMK di Nias Barat ini dalam sejarahnya baru kali ini, tembok pemisah yang cenderung mengkotak kotakan kita selama ini telah berhasil kita robohkan “faktanya hari ini”, ke depan kiranya kita kaum muda terus bergandeng tangan dan meningkatkan kesadaran kritis kita, siapapun mereka kelak dari kalangan tokoh umat dengan sengaja merusak kebersamaan ini, maka wajib kita lawan.

Pastor Yan OSC dalam kata penggembalaan dengan tegas menyatakan, Pemuda Katolik dan OMK adalah kader masa depan Gereja, semangat kasih berperilaku dalam semangat kebersamaan terhadap sesama adalah menjadi keharusan, tanggung jawab kaum muda adalah hendak menjadi agen perubahan dalam batas ajaran Tuhan kita Yesus Kristus.

OMK dan Pemuda Katolik harus sungguh menyadari dan menyakini bahwa mereka diutus oleh Tuhan untuk k menjadi mitra kerja, agen perubahan, dan solusi demi menciptakan kehidupan yang membebaskan, solider, dan mandiri ditengah tuntutan dan tantangan arus zaman modernitas ini. “lanjut Pastor Yan.

Mengakhiri kata penggembalaanya, Pastor Yan OSC mengajak Pemuda Katolik dan OMK melalui Tema: Paskah Pemuda Katolik dan OMK 2021 ” Melalui semangat kebangkitan Yesus Kristus, Pemuda Katolik dan OMK Bertumbuh dalam Iman dan berbuah dalam Hidup”, perayaan paskah bersama ini adalah momentum kebangkitan bagi OMK dan pemuda Katolik untuk bangkit, bergerak, bertindak dan berbuah bagi sesamanya.

Yason Hulu, dalam materi yang disampaikan dengan Thema “SIAPA KITA” menegaskan, semangat kebersamaan berbasis kesadaran kritis “satu kata dengan perbuatan” menjadi mutlak, segala perbebedaan, keangkuhan dalam diri, sentimen antar sesama harus kita singkirkan, mereka yang masih moderat dan naif (ingin benar sendiri) harus kita sadari, kaum muda adalah harus menjadi agen dan pelopor pembaharu baik didalam gereja dan diluar gereja dalam bingkai kasih berbasis Bonum Commune, praktek keteladanan wajib kita lakukan, sebab makna hidup yang paling tertinggi adalah “apa bila hidup kita bermanfaat bagi orang lain”.

Methodius

By Geya