Pemkab Nias Utara Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke 113 Tahun 2021

Gemantararaya.com (Nias Utara) Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara laksanakan Upacara.Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke-113 tahun 2021, di halaman Kantor Bupati Nias Utara, Kamis 20/05/2021.

Menurut laporan Sekda Nias Utara sesungguhnya yang memimpin upacara hari ini adalah Bupati Nias Utara, tetapi berhubung beliau bersama wakil bupati dan beberapa DPRD Nias Utara masih berada diluar Kepulauan Nias (di Medan) maka saya yang mewakilinya.

Pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep., N.SpM bertindak sebagai inspektur upacara dan sekaligus membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informasi RI.

Sebagai komandan upacara PS. Kapolsek Lotu Ipda Fanema Lase dan dhadiri seluruh para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Pejabat Eselon III dan IV, TNI/Polri serta ASN dan THL lingkup Pemkab Nias Utara.

Sekda Nias Utara dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Jhonny G. Plate menyampaikan bahwa 113 tahun lalu, perhimpunan Boedi Oetomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia.

Tiga hal penting yang diretas Boedi Oetomo adalah pertama, cita-cita untuk memerdekakan, cita-cita kemanusiaan, kedua, memajukan nusa dan bangsa serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Ketiga hal tersebut di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi, senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya.

Pada era prakemerdekaan, kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah, pasca kemerdekaan kebangkitan nasional menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa.

Selajutnya dalam naskah pidato yang dibacakan Sekda tersebut disampaikan bahwa era reformasi membawa Indonesia menuju pengelolaan negara yang lebih terbuka dan demokratis.

Pada peringatan hari Kebangkitan Nasional saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh.
“Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh”

Tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimistis menghadapi masa depan. Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini”, sesuai dengan
pidato Menteri “Jelas Sekda”

Lanjutnya, Pandemi Covid-19 berhasil memaksa untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan secara drastis, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi.

Dengan adanya kondisi ini, Indonesia bahkan di seluruh dunia, tanpa sadar, melakukan perubahan atau pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan dari non-digital menjadi digital.

Peringatan kebangkitan nasional ini menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

โ€œHari Kebangkitan Nasional ini mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan”

“Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa menuju Indonesia digital, semakin digital semakin majuโ€, akhir pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan Sekda tersebut, “tutup Sekda” (Tim)

By Seru