PN Gunungsitoli Pastikan Tanah Sengketa Di Desa Sitolu Banua Perkara N0.68

Gemantararaya.com (Lahewa) Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gunung Sitoli Agus Komarudin, SH, Taufiq Noor Hayat, SH, dan Achmadsyah Ad Muri, SH, MH,

Bersama Anggota BPN Kabupaten Nias Emil Siallagan, datang di Desa Sitolu Banua, Kecamatan Lahewa untuk melihat dan memastikan langsung apa benar ada sengketa tanah yang diajukan penggugat, Jumat 21/05/2021.

Ketua Majelis Pengadilan Negeri Gunung Sitoli Agus Komarudin mengatakan kita datang disini bukan untuk eksekusi lahan tetapi hanya untuk memastikan apa ada lahan sengketa, dan juga dari BPN Kabupaten Nias.

Emil Siallagan dari BPN Kabupaten Nias hadir untuk mengukur lahan sengketa yang diajukan penggugat An Faigizaro Baeha ATAS PERKARA N0.68/Pdt.G/2020 yang berlokasi di Desa Sitolu Banua.”Agus Komarudin, SH.

Setelah dilakukan pengukuran oleh pihak BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Nias, maka ukuran sebelah Utara 70 meter, yang diajukan oleh penggugat dan setelah diukur melalui GPS 69,09 meter.

Sebelah Timur 55 meter, yang diajukan setelah diukur melalui GPS 46,41 meter. Sebelah Selatan yang diajukan 70 meter, dan setelah diukur melalui GPS 74,86 meter. Dan Sebelah Barat yang diajukan 55 meter, dan setelah diukur melalui GPS 36,64 meter.

Menurut Kuasa Hukum Tergugat Fonaato Zalukhu melalui Simponi Halawa, SH, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan pemeriksaan setempat yang dilakukan pada tanggal 21/05/2021, dimana Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gunung Sitoli, dalam hal ini Majelis Hakim yang memeriksa Perkara No.68.

Dalam pemeriksaan setempat ditemukan perbedaan yang cukup signifikan antara objek sengketa yang dimuat di dalam surat gugatan penggugat dengan fakta yang terungkap di lapangan.

Dan ini juga langsung diadakan pengukuran oleh Petugas BPN Kabupaten Nias, dilain sisi untuk gugatan rekovensi yang dilakukan oleh tergugat Fonaato Zalukhu dan kawan-kawan ketika dilakukan pengukuran oleh Petugas BPN Kabupaten Nias.

Tambah kuasa hukum tergugat Simponi Halawa, SH, bahwa kita tetap mengawal kasus ini dan serta mendampingi pihak tergugat untuk mendapatkan keadilan.

Kita tetap menghargai proses hukumnya, dan saat ini kita apresiasi langkah – langkah yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Gunungsitoli bersama BPN Kabupaten Nias.(Fzal)

By Seru