Kepala SMK Negeri 3 Lahewa Gratiskan SPP

Gemantararaya.com (Lahewa) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) T.P. 2021/2022 di SMK Negeri 3 Lahewa Kabupaten Nias Utara resmi dibuka oleh Kepala SMK Negeri 3 Lahewa.

Saat di konfirmasi Kru media-Red, Kasek SMKN 3 Lahewa yang disapa Leni Harefa Rabu, 26/05/2021 mengatakan bahwa
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) T.P. 2021/2022 saya gratiskan SPP atau Iuran Komite, “jelasnya !

Lanjutnya lagi, kita bertujuan melakukan hal ini untuk membantu ekonomi masyarakat termasuk orangtua siswa/i akibat pengaruh masa pandemi covid -19 ini satu satunya iuran komite harus digratiskan bagi peserta didik baru, “ungkapnya”

Kasek menjelaskan bahwa besaran iuran komite yang digratiskan bagi setiap siswa per tahun sebesar Rp. 720.000.- Kebijakan ini sudah mendapat persetujuan ketua komite, dewan guru dan pegawai sekolah.

Lebih lanjut Kasek menjelaskan bahwa kompetensi keahlian yang akan dibuka ada 4 (empat) jurusan yaitu
Program Study :
1).TKJ (Teknologi Komputer & Jaringan)
2) PHP (Pengolahan Hasil Pertanian)
3) Teknik Konstruksi Kayu
4) ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura)

Untuk menciptakan lulusan yang terampil dan bisa berkompetisi dengan sekolah-sekolah lain, SMK Negeri 3 Lahewa sudah bekerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah dan non pemerintah.

Di antaranya Danramil 05 Lahewa yang setiap hari Sabtu memberikan pembelajaran bagi siswa-siswi SMKN 3 Lahewa yaitu : Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Pengenalan Wawasan Kebangsaan, Jasmani Militer (JASMIL), dan lain lain.

Selain itu juga SMK Negeri 3 Lahewa telah membangun kemitraan program ekonomi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara sebagaimana PAKET AMAN yaitu DEMO (Desa Mitra OPD) dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara.

Dengan terbentuknya kelompok Pertanian di SMKN 3 Lahewa yang diberikan nama “Kelompok SENDORO” diharapkan kemitraan ini tidak hanya sebatas seremonial saja.

Begitu juga dukungan dari Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara sangat diharapkan menjadi siswa yang terampil dan profesional di jurusannya.

Saat diwawancarai para tokoh masyarakat terkait pembebasan iuran komite pada T.P. 2021/2022, mereka sangat menyambut baik dan mengucapkan terimakasih atas kebijakan Kepala SMKN 3 Lahewa karena ini merupakan yang pertama kali mereka temui, sehingga kebijakan ini sangat membantu perekonomian orang tua apalagi menghadapi masa sulitnya pengaruh pandemi covid -19.

Kami mengakui sejak kehadiran beliau memimpin SMK N 3 Lahewa, banyak kutipan dari orangtua yang sudah ditiadakan, bahkan kegiatan anak-anak rutin dan terkontrol baik untuk melatih mental dan terlebih dari segi kegiatan produktif, dalam hal ini untuk jurusan Pertanian, lahan yang ada terkelola dengan baik, peserta didik dapat terbina dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

Beberapa orangtua dari desa lainnya saat diminta tanggapan, mengapa memilih SMK Negeri 3 Lahewa? mereka mengatakan bahwa SMK3 N Lahewa merupakan pilihan yang tepat bagi kami sebagai orang tua, sudah banyak perubahan dan kemajuan yang sudah diraih menurut pengamatan kami, baik dari SDM tenaga pengajar, tempat praktek, jauh dari kebisingan kendaraan, lokasi yang asri, akses jalan umum hotmik dari pasar Lahewa menuju kecamatan Afulu.

Pendapat yang berbeda dari orang tua lainnya mengatakan mereka memilih SMK Negeri 3 Lahewa karena mereka lebih memilih kualitas dan komitmen tenaga pendidiknya memajukan pendidikan.

PENGUMUMAN
SMK Negeri 3 LAHEWA
Menerima Peserta Didik Baru siapkan generasi SIAP KERJA, CERDAS & KOMPETITIF
Wujudkan MERDEKA BELAJAR
“GRATIS IURAN KOMITE” TP.2021/2022

Pendaftaran dimulai
tgl 27 Mei s/d 12 Juni 2021
Pkl 07.30 – 13.30. wib “hari kerja
syarat & ketentuan berlaku
jangan lupa mematuhi protokol kesehatan

Hubungi :
YARMAN 082360933155
TURI 081218691696
ALDO 081396498523

SMKN3 LAHEWA BISA & harus HEBAT
SMK BISA
SMK HEBAT
SUMUT BERMARTABAT

(F/Zal)

By Geya