Jembatan Sungai Lafau Desa Sisobahili Butuh Perbaikan

Gemantararaya.com (Afulu-Nisut) Jembatan ini merupakan ruas jalan kabupaten yang menghubungkan beberapa desa dari Lahewa -Afulu atau sebaliknya.

Maka masyarakat meminta kepada pemerintah Nias Utara untuk segera memperbaiki papan jembatan sungai Lafau Desa Sisobahili Kecamatan Afulu yang kondisi papan jembatannya saat ini mengalami kerusakan berat sehingga sulit untuk dilalui kendaraan.

Menurut hasil pantauan media di lokasi, terlihat bahwa papan jembatannya sudah lapuk dan sudah tidak bisa dilalui lagi kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4, Jumat (04/06)

Salah seorang warga Desa Sisobahili Kecamatan Afulu yang sudah di konfirmasi kru media Ina Putri Zalukhu seorang ibu rumah tangga menyampaikan bahwa setelah mengalami kerusakan papan jembatan sungai Lafau maka kendaraan yang sering membeli hasil pertanian warga seperti karet, pisang dan lain-lain tidak ada lagi, “Jelasnya”

Lanjutnya” Kami berharap kepada pemerintah Nias Utara supaya segera memperbaiki papannya untuk dapat dilalui kendaraan.

Kemudian salah seorang tokoh masyarakat yang diambil tanggapan terkait kerusakan papan jembatan tersebut Ama Zana Zalukhu menyampaikan bahwa kami berharap kepada pemerintah Nias Utara melalui Dinas PUPR Nias Utara supaya dapat merencanakan pembangunan jembatan permanen pada tahun yang akan datang. Kalau hanya sebatas papan diganti, kami yakin hanya bertahan satu sampai dua tahun sudah rusak lagi, “Tuturnya”

Kami juga berharap sekali untuk segera di perbaiki kalau saat ini kayu saja sudah bisa, tetapi kalau mau lebih bertahan maka sebaiknya pemerintah merencanakan pembangunan permanen, “Ucapnya

Tambahnya “Apa bila tidak segera di perbaiki papannya maka semua hasil petani khususnya dibeberapa desa yang ada di ruas jalan ini terkendala dan tak akan ada pihak pembelinya.

Ketika di konfirmasi kepada Dinas PUPR Nias Utara beberapa waktu lalu mengatakan bahwa silahkan sampaikan surat permohonan kepada Bupati Cq Dinas PUPR Nias Utara yang ditanda-tangani oleh Kepala Desa dan Camat, dan mudah-mudahan akan kami tindaklanjuti dalam program kerja.

Maka pihak Dinas PUPR Nias Utara telah di menanggapi dan menindaklanjuti permohonan tersebut, sehingga hari ini telah melakukan survei bersama Kepala Desa Sisobahili.

Kepala Desa Sisobahili Nisura Zalukhu sangat mengharapkan perhatian serius dari pemerintah untuk segera memperbaikinya sebelum ada korban terutama anak-anak sekolah yang setiap harinya melewati jembatan tersebut. (Fzal)

By Seru