Paripurna Pidato Bupati Nias Terpilih Hasil Pilkada Serentak 2020

Media Cyber Gemantararaya.com

NIAS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda penyampaian pidato bupati terpilih hasil pilkada serentak tahun 2020 di ruang rapat gedung DPRD kabupaten Nias yang terletak di jalan Pelud Binaka Km.9 Ononamolo I Lot Gunungsitoli Selatan, provinsi Sumatera Utara, Selasa (15/06/2021)

Paripurna istimewa ini diawali dengan sertijab dan memori jabatan dari bupati lama Drs. Sokhiatulo Laoli, MM kepada Bupati yang baru dilantik Yaatulo Gulo, SE, SH, M.Si disertai dengan penandatanganan berita acara sertijab.

Rapat Paripurna Istimewa dimulai pukul 10.30 Wib yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Sabayuti Gulo dan Ameyunus Zai, mantan bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM dan mantan wakil bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Sekda, staf ahli, para asisten dan para pimpinan OPD kabupaten Nias, para Camat, ketua KPU dan Bawaslu beserta anggota, para pimpinan partai politik, pimpinan perguruan tinggi IKIP Gunungsitoli dan STIE Pembnas Nias, pimpinan BUMD dan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tim sukses Yaatulo – Arota dan undangan lainnya.

Bupati Nias Yaatulo Gulo, SE, SH, M.Si dalam pidatonya menyampaikan sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, bahwa pada hari Kamis tanggal 10 Juni 2021 yang lalu, telah terlaksana Pengambilan Janji Jabatan dan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias Hasil Pemilukada Serentak Tahun 2020 oleh Gubernur Sumatera Utara. Rangkaian kegiatan setelah pengambilan janji jabatan dan pelantikan adalah pelaksanaan serah terima jabatan dan penyampaian Pidato Pertama pada Sidang Paripurna DPRD sesuai dengan surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 130/289 tanggal 19 Januari 2021 perihal Pengesahan dan Pengangkatan serta Serah Terima Jabatan, “ujarnya

Agenda Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias yang kita ikuti bersama pada hari ini, pada hakekatnya merupakan kewajiban konstitusional perdana Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pasca pengambilan janji jabatan dan pelantikan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024 sebagaimana yang diamanatkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan, “tutur bupati.

Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, komitmen dan kepercayaan kepada kami untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024. Ini adalah amanah yang menuntut tanggung jawab dalam memberhasilkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias ini, “ucapnya.

Untuk melaksanakan amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024, kami berkomitmen untuk Kerja Fokus, dengan Visi ”Kabupaten Nias Maju”, dan Misi ”Trisakti Nias Maju”, yaitu: (1) Desa terakses, Ibukota terurus; (2) Kesehatan, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Beranjak; dan (3) Petani, peternak dan nelayan produktif.
Adapun strategi untuk mewujudkan misi tersebut adalah: (1) Sinkronisasi pembangunan desa dengan program pembangunan kabupaten; (2) Pengutamaan cost-benefit setiap Program Pembangunan; dan (3) Manajemen SDM pemerintahan yang berbasis kinerja, “jelasnya

Kami menyadari bahwa untuk mewujudkan visi dan misi tersebut bukanlah pekerjaan mudah, terlebih-lebih apabila dikaitkan dengan keterbatasan anggaran atau keterbatasan kemampuan keuangan daerah dan keterbatasan sumber daya yang ada. Untuk itu, kita perlu kerja fokus dan tuntas, serta berbasis out come, sehingga program dan kegiatan bermanfaat dan berdampak langsung pada kehidupan masyarakat, “tegas Yaatulo.

Yaatulo Gulo, SE, SH, M.Si memohon dukungan, kerjasama, keterlibatan dan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, terlebih-lebih dukungan dari Pimpinan dan Anggota Dewan Yang Terhormat. Dukungan dan kerjasama tersebut menjadi energi positif dalam memberhasilkan pencapaian visi dan misi yang akan dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sekali lagi, kami mohon dukungan dan kerjasama dari Dewan yang terhormat, sehingga pada gilirannya rencana program dan kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi dapat tercapai yang bermuara pada keberpihakan terhadap kepentingan rakyat, sebagaimana adagium latin yang menyatakan: ”Salus Populi Suprema Lex”, artinya ”Kepentingan Rakyat adalah Hukum Tertinggi”. tutur bupati

Kami juga dapat memahami, bahwa ke depan, dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat, tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kelemahan, dengan segala keterbatasan yang ada. Kami berharap bahwa hal ini bukan menjadi penghalang dalam membangun komunikasi yang lebih intens di antara kita. Kami senantiasa terbuka untuk mendiskusikan berbagai permasalahan yang kini, sedang dan akan kita hadapi bersama. Kami berkeyakinan bahwa hanya dengan keterbukaan dan sikap saling mengingatkan niscaya semua permasalahan mampu kita hadapi bersama. Sebab, di samping pelaksanaan tugas yang penuh dengan dinamika dan tantangan, juga adanya kompleksitas permasalahan yang dihadapi dan dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang semakin berkembang. Hal ini akan sangat sulit dihadapi jika kita tidak fokus dan berjalan sendiri-sendiri serta tidak memiliki gerak langkah yang sama dalam membangun Kabupaten Nias yang Maju, “jelasnya.

Lanjut bupati mengatakan perhelatan pemilukada sudah selesai, Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024 sudah dilantik. Oleh karena itu, segala hiruk pikuk Pemilukada dan berbagai narasi perbedaan yang selama ini berkembang, saatnya ditanggalkan. Tidak ada lagi slogan-slogan narasi pendukung 01, 02, 03, dan 04; tidak ada lagi sekat-sekat pembatas di antara kita; tidak ada lagi orang yang tidak bertegur sapa hanya karena perbedaan pilihan; tetapi yang ada adalah masyarakat Kabupaten Nias. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk bersatu. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, “pungkasnya

Saya, Ya’atulõ Gulõ sebagai Bupati Nias, dan Bapak Arota Lase sebagai Wakil Bupati Nias, adalah Bupati dan Wakil Bupati Nias untuk seluruh masyarakat Kabupaten Nias, dan bukan Bupati dan Wakil Bupati Nias untuk suatu kelompok atau golongan. Dalam konstruksi ini, kami mengajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Nias untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan Kabupaten Nias Maju, yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias yang kita cintai ini. Hal ini sejalan dengan slogan yang dikemukakan oleh Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia: ”Holopis Kuntul Baris”, artinya: ”tolong menolong dan gotong royong”. Oleh karena itu, mari kita menggelorakan semangat bergotong royong, semangat untuk bekerjasama, dan bahu-membahu untuk saling membantu.
Demikian Pidato ini kami sampaikan. semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati dan memampukan kita untuk melaksanakan tugas pengabdian sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing, “tutup bupati mengakhiri

(Tim)

By Geya