Folo’o Harefa Jadi PH Sekda Nias Utara Ganti Yafeti Nazara

Gemantararaya.com (Nias Utara) – Setelah viral beberapa hari belakangan ini diberbagai media sosial, Yafeti Nazara akhirnya di copot dari jabatannya sebagai Sekda Nias Utara.

Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu resmi memberhentikan Yafeti Nazara dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Nias Utara.

Pemberhentian tersebut tertuang dalam keputusan Bupati nomor : 800/152/K/2021 tentang pemberhentian sementara pegawai negeri sipil dari jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara tertanggal 17 Juni 2021.

Keputusan pemberhentian tersebut diambil setelah menanggapi Yafeti Nazara dinyatakan sebagai tersangka oleh Polrestabes Medan karena terbukti mengonsumsi narkoba jenis ekstasi setelah di tes urine.

Untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah, pemerintah daerah Nias Utara mengangkat Folo’ö Harefa sebagai PH (Pelaksana Harian).

Menanggapi keputusan Bupati Nias Utara tersebut, beberapa aktivis di Nias Utara mengatakan, keputusan pemerintah Nias Utara merupakan langkah yang tepat agar Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya mampu memberi edukasi yang baik bagi masyarakat luas.

“Kami mengapresiasi keputusan Bupati Nias Utara. Iya, keputusan yang dilakukan oleh bupati merupakan langkah yang tepat, sebab etika sebagai ASN tidak dibenarkan perilaku demikian apalagi persoalan narkoba, teroris dan korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang tidak bisa ditolerir, Jumat (18/6/2021).

Untuk diketahui, Yafeti Nazara ditangkap oleh personel Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan dari tempat hiburan Bosque di Jalan Haji Adam Malik, Kelurahan Selalas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Minggu, (13/6/2021) dini hari.

Yafeti Nazara diamankan bersama sejumlah wanita penghibur. Petugas Kepolisian mendapatkan beberapa butir Narkoba jenis ekstasi di dalam ruangan Yafeti diamankan.

Agus Hulu mewakili rekan aktivis di Nias Utara, pada saat dimintai tanggapan di Lotu, Dia mengharapkan kepada pihak kepolisian Polrestabes Medan yang menangani kasus ini agar ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku terhadap orang yang terbukti baik pengedar mau penggunaan narkotika, “harapnya. (Fzal)

By Geya