Penetapan Penerimaan Manfaat BLT Dari Dana Desa Sihare’ò III Kecamatan Ma’u

Cyber Media Gemantararaya.com

Nias – Rapat penepatan penerima manfaat BLT dari Dana Desa yang dipimpin BPD Sihare’ò III yang bertempat di Balai Desa Sihare’ò III kecamatan Ma’u kabupaten Nias provinsi Sumatera Utara, Rabu (23/06/2021).

Pada rapat penetapan BLT dari Dana Desa ( DD), turut hadir Aprianus Ndaha, S.IP, Daud Putra Jaya Harefa, SH, Pendamping Desa Kecamatan Ma’u (PDP), dan Yalisokhi Gulo Pendamping Lokal Desa (PLD).

Dalam kata pembukaan singkatnya wakil ketua BPD Sihare’ò III Arifman Halawa mengatakan bahwa saat ini kita membahas penetapan BLT sebagai penerima manfaat, dan hari ini sudah 2 kali rapat dilaksanakan, acara reses, dan sore ini rapat penetapan BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD), dan pada rapat ini lebih fokus membahas penetapan penerima manfaat, jangan dulu membahas yang lain-lain karena waktu terbatas,”ujarnya.

Sambutan kepala desa Sihare’ò III Anianus Halawa mengawali membahas terkait melangsir tiang listrik harapkan agar yang menjadi keputusan, kita patuhi. Perjuangan mengusulkan masuk listrik di desa kita bukan hal yang mudah dan saya harapkan pada saat melangsir tiang listrik jangan minum aqua Nias yang membuat lelah dengan efek mabuk, diutamakan hal yang bermanfaat sehingga cepat pekerjaan cepat selesai,”ucapnya.

Lanjut kepala desa Sihare’ò III sampaikan bahwa pada penetapan BLT ini ada mekanismenya yang harus diikuti, pada penerima manfaat diusulkan berdasarkan syarat pada juknis yang telah ditetapkan.

Sambutan singkat Aprianus Ndaha, S.IP mengatakan pembicara sebelumnya telah mengupas hal-hal penting bagaimana syarat menerima BLT sebagai penerima manfaat. Pada usulan penetapan BLT ini ada prosesnya, ada evaluasinya dan ada syaratnya dan tidak langsung diterima pemanfaat,”tuturnya.

Dalam arahan dan bimbingan ketua BPD Sihare’ò III Syukuri Halawa sampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan juga berterimakasih antusias masyarakat mengikuti rapat pada sore ini walaupun hari ini acara rapat ada dua yakni; acara reses dan sore ini rapat penetapan BLT, “jelasnya.

Ketua BPD Sihare’ò III Syukuri Halawa sambilan menyampaikan terkait masuknya listrik di desa kita, memohon adanya kerjasama yang baik untuk melangsir tiang listrik ini, kesempatan ini jangan kita sia-siakan dan pasti semua lingkungan akan dialirin oleh listrik walaupun ada tahapan-tahapannya karena tidak sekaligus mengingat kondisi tidak begitu mengijinkan, untuk memohon kita ada rasa memiliki dan hidup bergotong-royong, “mohon ketua BPDnya.

Ketua BPD Sihare’ò III Syukuri Halawa bacakan berita acara musyawarah desa Sihare’ò III pembahasan rancangan peraturan desa Sihare’ò III tentang RAPBDes Sihare’ò III Ta.2021 :
Pada hari ini Rabu tanggal dua puluh tiga bulan Juni tahun dua ribu dua puluh satu, bertempat dibalai pertemuan desa Sihare’ò III kecamatan Ma’u kabupaten Nias telah dilaksanakan musyawarah desa dalam rangka membahas Rancangan Peraturan Desa Tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDesa) Sihare’ò III tahun 2021, musyawarah desa dimaksud diselenggarakan oleh BPD Sihare’ò III dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa, BPD, unsur kelembagaan desa, unsur masyarakat desa dan tenaga pendamping profesional P3MD Kementerian Desa PDTT sebagaimana daftar hadir terlampir dengan hasil rapat sebagai berikut :

  1. bahwa, mempedomani lampiran I Peraturan Bupati Nias Nomor 5 tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Kabupaten Nias angka romawi (IV) huruf (d), kepala desa Sihare’ò III bersama BPD dan seluruh peserta musyawarah telah membahas Rancangan Peraturan Desa Sihare’ò III, tentang APBDesa Sihare’ò III tahun anggaran 2021 untuk selanjutnya disampaikan kepada Bupati Nias melalui camat untuk dievaluasi.
  2. bahwa, Pengalokasi RAPBDesa Sihare’ò III tahun 2021 untuk masing-masing pos anggaran pendapatan dan belanja desa, secara rinci disusun dan dijabarkan dalam lampiran Rancangan Peraturan Desa Sihare’ò III tentang RAPBDesa Sihare’ò III tahun anggaran 2021 yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari rancangan peraturan desa.
  3. bahwa, penjabaran dimaksud pada poin 2 dirinci sebagai berikut :
  4. Pendapatan Desa ….Rp. 1.613.212.640,-
    a. Pendapatan Asli Desa Rp._
    b. Pendapatan Transfer Rp. 1.613.212.640,-
  5. Lain-lain Pendapatan Desa yang sah
  6. Belanja Desa Rp. 1.661.262.600
    a. Bidang Penyelenggara Pemerintah Desa Rp. 396.221.000,-
    b. Bidang Pembangunan Rp. 550.947.600,-
    c. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Rp. 60.150.000,-
    d. Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan mendesak desa Rp.74.775.500,-
    Surplus/Defisit Rp. 48.049.960
  7. Pembiayaan
    a. Penerimaan Pembiayaan Rp. 60.552.858,-
    b. Pengeluaran Pembiayaan_______
    Sisa lebih/ kurang perhitungan Anggaran Rp. 12.502.898,-

Demikian Berita Acara Musyawarah Desa ini dibuat untuk dapat digunakan seperlunya dan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perubahan dan perbaikan sebagaimana mestinya.
Sihare’ò III, 23 Juni 2021 ditandatangani oleh sekretaris Fatili Waruwu, dan mengetahui : Kepala Desa Anianus Halawa, dan Ketua BPD Syukuri Halawa. (ArG/red).

By Seru