TPS Di Kecamatan Lahewa Merusak Lingkungan Dan Kesehatan Warga

Gemantararaya.com (Nias Utara) Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Nias Utara diduga Langgar UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah khususnya di Kabupaten Nias Utara.

Menurut pantauan awak media Jumat, 25/06/2021 Dimana sampah yang semakin beragam yang bertahun-tahun di lokasi TPS (Tempat Pembuangan Sementara) yang berlokasi pinggir jalan raya provinsi lintas Lotu – Lahewa atau sebaliknya, pas di perbatasan Desa Moaw6 dengan Desa Sihene’asi Kecamatan Lahewa.

Terlihat bahwa pengelolaan sampah selama ini belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat
dan lingkungan sekitar TPS.

Dengan ada tumpukan sampah di lokasi tersebut, menjadi permasalahan di tengah-tengah masyarakat dengan munculnya aroma bau yang tidak sedap, sehingga menimbulkan ancaman bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Ketika hal ini di konfirmasi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Utara Ir.Temambuala Telaumbanua melalui nomor whatsApp Jumat 25/06, memang di baca tetapi namun tidak ada jawaban.

Menurut sekertaris DPD Gemantara Raya Kepulauan Nias Martinus Zalukhu ketika di ambil tanggapannya di Lotu, beliau mengatakan bahwa permasalahan tumpukan sampah itu sudah pernah kita beritakan pada tahun 2019, namun pihak dinas terkait tidak pernah menindaklanjuti atau membuat tempat pembuangan sampah yang layak.

Menurutnya sampah adalah masalah besar, menjadi masalah nasional bahkan masalah universal. UU 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah memiliki maksud bahwa pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.

Pokok kebijakan dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah mengatur tentang penyelenggaraan pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat, serta tugas dan wewenang pemerintah dan pemerintahan daerah untuk melaksanakan pelayanan publik.

Pengaturan hukum pengelolaan sampah dalam UU 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah ini berdasarkan asas tanggung jawab, asas berkelanjutan, asas manfaat, asas keadilan, asas kesadaran, asas kebersamaan, asas keselamatan, asas keamanan, dan asas nilai ekonomi.

Sekjen DPD Gemantara Raya Kepulauan Nias Martinus Zalukhu meminta kepada Bupati Nias Utara sebagai kepala daerah, supaya permasalahan TPS di Desa Sihene’asi Kecamatan Lahewa dapat dikelola sebagai mana ketertiban lingkungan dan menjaga kesehatan masyarakat apalagi lokasi tersebut daerah pariwisata pantai Lafau, “tutupnya (Fzal)

By Geya