Kades Harewakhe Diduga Tipu Warga Pada Pengadaan Bibit Kelapa Hibrida

Cyber Media Gemantararaya.com

NIAS UTARA – Kepala Desa Harewakhe kecamatan Afulu kabupaten Nias Utara, an.Masali Zebua diduga tipu warganya pada pengadaan bibit kelapa yang bersumber dari Dana Desa TA. 2021.

Beberapa masyarakat Desa Harewakhe, sampaikan informasi kepada awak media ini pada Minggu lalu, dimana informasi tersebut, masyarakat yang tidak mau di sebutkan namanya saat ini menjelaskan bahwa ada kegiatan pengadaan bibit kelapa yang sumbernya dari DD TA. 2021. Tetapi kami menduga bahwa bibit kelapa tersebut, bukan bibit kelapa hebrida akan tetapi bibit kelapa dari perkebunan Toyolawa, “sebut warga”.

Dengan adanya informasi itu, maka kru media mencoba konfirmasi kepada Kepala Desa Harewakhe Masali Zebua melalui nomor seluler dua Minggu yang lalu.

Ketika di konfirmasi ke Kadesnya “Apakah benar ada pengadaan bibit kelapa yang bersumber dari Dana Desa 2021…?, kadesnya menjawab benar ada, lalu di pertanyakan lagi dari mana bibit kelapa pak kades, Ia jawab lagi dari teman di Medan…..?. Terus ditanyakan lagi kepada Kadesnya, berapa harga per pohon…kata kades Rp. 40.000 (empat puluh ribu rupiah) dan untuk satu keluarga diberikan sebanyak 50 pohon.

Kemudian saya berikan upah perawatan sehingga warga mendapatkan Rp. 2.475.000.- (dua juta empat ratus tujuh puluh lima ribu rupiah)

Untuk memastikan informasi itu, kru media mencoba ke Desa Harewakhe 03/08/2021 guna konfirmasi langsung kepada kepala desa dan kepada masyarakat.

Namun sayangnya kades tidak ada di tempat, mencoba komunikasi melalui nomer WhatsApp untuk konfirmasi terkait dugaan masyarakat tersebut, tetapi Kades jawab oh….y mantap.

Dan beberapa masyarakat yang di konfirmasi awak media, tapi meminta media jangan tulis nama mereka, mengatakan memang mereka kecewa dengan bibit kelapa itu yang diduga bukan bibit kelapa hibrida tapi bibit kelapa dari perkebunan Toyolawa, “masyarakat kesal”

Mereka meminta kepada pihak Inspektorat kabupaten Nias Utara untuk menyelidiki dan mengaudit Dana Desa Harewakhe kecamatan Afulu tahun 2021, “Harap masyarakat”
(Fzal)

By Geya