Gemantararaya.com
Sumbar 03/08/2021. Presiden Jokowi Minta Relawan Fokus Bantu Penanganan Covid-19

Ketua Umum Solidaritas Merah Putih
(SOLMET)Silfester Matutina, SH menemui  Presiden RI, Ir. H.Joko Widodo di Istana Merdeka pada hari Jumat,30 Juli 2021.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan dan apresiasinya atas apa yang telah dilakukan oleh para  relawan dalam membantu Pemerintah dan Masyarakat di masa pandemic covid-19. “Saya banyak mendapat info bahwa Relawan dan banyak komunitas dimasyarakat sejak awal Pandemi hingga saat ini masih terus bergerak bersatu dan bergotongroyong bersama dalam membantu masyarakat yang terkena dan terdampak pandemi Covid 19. “Saya selaku Presiden  dan atas nama Pemerintah menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada para relawan yang telah berjuang dan bekerja keras bahu membahu  dengan Tenaga Kesehatan,TNI/Polri dan ASN serta semua Komunitas masyarakat lainnya dalam penangangan mengatasi Pandemi  Covid 19 dan membantu masyarakat yang terkena dan terdampak ”ujar Presiden Jokowi  pada pertemuan Jumat sore pukul 15.00 tersebut.

Disisi lain Presiden Jokowi  juga menyampaikan pada saat ini sebaiknya para relawan jangan terjebak pada situasi politik dukung mendukung dalam suksesi Pilpres 2024 “Pilpres 2024 masih lama.Tolong ditahan dulu.Tidak elok ditengah kesusahan rakyat kita mewacanakan sesuatu yang belum saatnya dan  tidak pada tempatnya. Nanti ada saatnya saya akan kumpulkan semua relawan untuk bersama kita putuskan kearah mana kapal besar ini akan berlayar dan berlabuh. Saat ini yang didepan kita adalah bagaimana kita harus bersatu bahu membahu semua anak bangsa untuk menangani dan mengatasi dampak Pandemi Covid 19. Kita harus fokus, bagaimana bangsa dan negara ini dapat mengatasi musibah  pandemic covid-19, dengan cara saling bekerjasama juga mensosialisasikan dan melaksanakan aturan-aturan yang telah ditetapkan untuk dilaksanakan bersama agar dapat lepas dari musibah ini”.

Presiden Jokowi minta relawan mengkampanyekan kegiatan dan program Pemerintah ke masyarakat di medsos dengan isue yang benar dan positif dan juga tetap terjun langsung membantu  masyarakat bersama unsur bangsa yang lain dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat”. Demikian amanat Presiden Jokowi  ini disampaikan kepada Silfester Matutina.

Bahkan dalam kesempatan tersebut Presiden  Jokowi juga  menyatakan menolak keras wacana Jokowi 3 Periode. “Saya tidak ingin dan tidak pernah mewacanakan Jokowi 3 Periode.Wacana tersebut melanggar konstitusi yang berlaku dan mewariskan pendidikan politik yang tidak baik untuk bangsa dan anak cucu kita”.

Pada bagian lain Presiden Jokowi juga meminta kepada relawan untuk ikut membantu  dan mendampingi dunia usaha kecil dan koperasi yang juga sedang terpuruk diakibatkan Pandemi Covid 19.Relawan bisa menjadi jembatan informasi dan komunikasi kepada pihak pemerintah dan semua stake holder termasuk juga masalah masalah hukum yang tengah dihadapi masyarakat kecil yang terzolimi.

Saat disinggung oleh Ketum SOLMET  Silfester Matutina, SH terkait issue-issue yang beredar terkait program vaksinasi
Presiden mengatakan bahwa “Vaksinasi ini penting untuk memutus mata rantai Covid 19 dan aman dipakai oleh rakyat karena sudah melalui uji klinis yang baik dan hampir semua negara di dunia memakainya.
Presiden mengingatkan bahwa hampir semua  bayi bayi kita bisa kebal dan sehat dari virus dan penyakit
karena disuntik imunisasi Polio, DPT, Campak, BCG, Hepatitis dll.

Jadi saat ini Vaksinasi untuk Covid pun aman dan sangat bermanfaat membantu kita memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dan tentunya juga harus  dibarengi dengan disiplin  mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Dalam pertermuan tersebut Presiden juga meminta masukan dan info-info yang terkait keadaan dan situasi terkini yang terjadi dan berkembang di masyarakat termasuk Penerapan PPKM dan Isu Isu Hoax yang berkembang yang harus dilawan dengan isu yang benar dan positif.
Selain itu Presiden juga membantah berita hoax yang dihembuskan bahwa Pemerintah China sendiri tidak menggunakan vaksin buatan negaranya sendiri, yaitu vaksin Sinovac dan Sinopharm.

Diakhir pertemuan Presiden menyatakan keyakinan dan rasa optimisnya kita mampu mengatasi masa masa sulit dan mengatasi penyebaran Covid 19  dan hidup normal kembali apabila kita semua unsur bangsa solid, disiplin, bergotong royong dan bersatu bersama.(Red Sumbar)