Gemantararaya.com

PADANG -07/08/2021. Tepat tanggal 07 Agustus 2021 ini, Kota Padang telah genap memasuki usia yang ke-352 tahun. Usia ini tentunya cukup matang bagi sebuah daerah.

Sama seperti satu tahun sebelumnya, untuk peringatan sekaligus perayaan hari jadi bagi Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu masih digelar di tengah pandemi Covid-19.

Apalagi kota yang berpenduduk hampir 1 Juta jiwa tersebut saat ini tengah menjalankan pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 (Darurat) demi pengendalian Covid-19.

Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama DPRD Kota Padang tetap menggelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Padang ke-352 tahun dengan protokol kesehatan (prokes) ketat di Ruang Sidang Utama kantor DPRD setempat, Sabtu (7/8/2021) pagi.

Dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Padang Syafrial Kani itu, selain Wali Kota Padang Hendri Septa beserta unsur Forkopimda dan seluruh Anggota DPRD Padang juga dihadiri langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Selain itu juga diikuti kepala OPD di lingkup Pemko Padang, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa serta Camat dan lurah se-Kota Padang dan unsur terkait lainnya baik secara langsung maupun virtual. Tak hanya itu, juga dihadirkan 10 orang tokoh masyarakat penerima penghargaan pin emas dalam rangka Hari Jadi Kota Padang ke-352 tahun 2021.

Gubernur Sumbar menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengucapkan selamat Hari Jadi bagi Kota Padang yang ke-352 tahun.

“Meski dalam keadaan apapun, Kota Padang harus terus bergerak dan bangkit. Terutama dalam mengendalikan pandemi Covid-19 yang mewabah hampir dua tahun ini. Banyak yang harus kita lakukan ke depan, semoga dengan semangat kebersamaan Kota Padang bisa makin sukses dan keluar dari pandemi ini dalam waktu dekat. Ketika kota atau kabupaten sukses maka provinsi juga akan ikut sukses,” ujar gubernur.

Sementara itu Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan atas nama pemerintah kota dan masyarakat Kota Padang, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Kota Padang yang telah ikut bersama-sama mendukung kemajuan pembangunan di Kota Padang sejauh ini.

“Alhamdulillah, hari ini tepat sudah 352 tahun usia Kota Padang. Semua kemajuan dan berbagai prestasi pembangunan telah berhasil diraih Kota Padang sampai saat ini. Ini semua adalah berkat kebersamaan dan sinergi yang luar biasa dari semua pihak terutama warga Kota Padang,” ucap Hendri sembari meminta hadirin menyaksikan video capaian kemajuan Kota Padang saat ini berdurasi 3 menit.

Wako menyebutkan, adapun yang menjadi perhatian serius bagi Kota Padang saat ini adalah menyikapi pandemi Covid-19 yang masih melanda. Berbagai upaya terus dilakukan termasuk merefocusing anggaran pemko untuk dialihkan ke penanganan virus membahayakan tersebut.

“Kita bersyukur Covid-19 yang menjadi momok bagi warga Kota Padang terus kita tekan. Baik melalui penanganan-penanganan yang dilakukan dan upaya mengatasi dampaknya secara sosial ekonomi. Alhamdulillah, tingkat kesembuhan warga yang terkena positif Covid-19 di kota ini pun termasuk yang cukup tinggi di Indonesia,” imbuhnya.

Itu semua lanjut Wako Hendri, dikarenakan begitu tingginya kepedulian seluruh pihak baik unsur Forkopimda, DPRD, BUMN/BUMD dan pihak swasta serta seluruh elemen masyarakat dan lainnya.

“Maka itu, melalui momentum HUT Kota Padang ke-352 tahun 2021 ini, mari sama-sama kita maknai dengan mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial. Meski di tengah pandemi, kita harus terusb berupaya mewujudkan visi Kota Padang yakni “Mewujudkan Masyarakat Kota Padang Yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul Serta Berdaya Saing,” pungkas orang nomor satu di Kota Padang tersebut sembari berharap pandemi segera berakhir.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengaku mengapresiasi atas pencapaian dan prestasi pembangunan yang ada di Kota Padang, termasuk kesuksesan Pemko Padang dalam meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan.

“Kami patut apresiasi Pemko Padang mampu mempertahankan Opini WTP sudah tujuh tahun berturut-turut. Ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemko Padang di bawah kepemimpinan Wako Hendri Septa berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel. Semoga prestasi ini tetap terjaga dengan baik,” katanya.

Selain itu kata dia, juga berbagai pembangunan, seperti Pantai Padang, Pantai Air Manis dan sejumlah objek wisata lainnya yang kini sudah menjadi ikon pariwisata di Kota Padang. Dan masih banyak kemajuan pembangunan lainnya

“Kita di DPRD tentu berharap momen peringatan HUT ini jangan hanya menjadi kegiatan rutin tahunan saja. Namun hendaknya sama-sama menjadi ajang evaluasi untuk peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang yang berdaya saing ke depan. Terutama bagaimana bangkit dari pandemi Covid-19,” harap Ketua DPRD Padang.

Sementara itu mewakili tokoh masyarakat Kota Padang, Japeri Rajab dalam sambutannya mengatakan, atas nama warga Kota Padang menyambut baik dan menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah, DPRD dan seluruh aparatur pemerintah dan elemen masyarakat kota padang.

“Alhamdulillah cukup banyak pembangunan di Kota Padang berbagai bidang sejauh ini. Ini patut kita syukuri dan dukung bersama ke depan. Semoga melalui momentum HUT Kota Padang ke-352 ini, kita semua bisa saling bersemangat dan bersinergi membangun kota yang kita cintai ini,” cetus mantan Kakan Kemenag Kota Padang itu.(David Sumbar)