Yasinan Dan Doa Bersama,BEM Nusantara Riau Menggugat CPI

Pekanbaru, 9/8/2021- Media Tim

Proses peralihan blok rokan dari chevron pasific indonesia ke pertamina hulu rokan telah selesai dilaksanakan pada minggu malam(08/08/2021).
Walaupun demikian,banyak terjadi pro dan kontra terhadap alih kelola ini.
Beberapa elemen masyarakat,toko adat bahkan mahasiswa menyoroti peralihan ini.
Aliansi BEM Nusantara yang merupakan frame aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Se Nusantara,dari Aceh sampai papua ikut menyoroti. Terutama Aliansi BEM Nusantara Daerah Riau dan Sumatera.
Beberapa poin atau permasalahan yang di soroti yaitu Tanah Terkontaminasi Minyak(TTM), Carut marutnya MCTN,bahkan temuan audit bpk tahun 2006.
Menyikapi hal tersebut, BEM Nusantara daerah Riau mengadakan Yasinan dan doa bersama via zoom meeting yang di ikuti 836 peserta Se Nusantara.

Korda Bemnus Riau,M.Alif Fadillah mengatakan ” Blok Rokan ini sudah menjadi isu nasional dan sorotan semua elemen. Kami Aliansi BEMNUS Terkhususnya Riau tidak akan tinggal diam melihat keadaan yang ditinggalkan oleh CPI hari ini. Kita akan kawal permasalahan ini bahkan jika nantinya harus sampai ke ombudsman ” Tegasnya

Kegiatan yassinan dan doa bersama ini dilakukan selama beberapa jam dan dari pihak mahasiswa menyampaikan tuntutan kepada pihak Pertamina Hulu Rokan. Hal ini seperti yang di sampaikan oleh Handika Karismon, Kornus Sumatera BEM Nusantara yang juga putera asli Riau ” Kita Ucapkan Selamat datang kepada Pertamina Hulu Rokan dan selamat jalan kepada Chevron Pasific Indonesia. Terima kasih kepada pihak CPI telah memberikan luka kepada masyarakat Riau dan jangan lagi menambah sakit kepada masyarakat Riau. Kepada PHR kita harapkan bisa mempertahankan dan bahkan meningkatkan produksi minyak yang ada dan segera selesaikan permasalahan carut marut TTM dan MCTN. Pertamina Hulu Rokan harus menjadi harapan baru untuk masyarakat Riau,jangan sampai menjadi atau mengulangi hal yang sama seperti CPI. Kami akan kawal !”

Untuk BEMNUS Sendiri sudah mengawal dan melakukan kajian sudah beberapa bulan sebelum dilaksanakan peralihan ini. Bahkan sudah melayangkan surat terbuka kepada CPI,melakukan aksi chat serentak,bahkan juga sudah melakukan konsolidasi secara nasional.

Tim- red