Gemantararaya.com

PADANG – Senen 16/08/2021, Wali Kota Padang Hendri Septa mengikuti Sidang Paripurna Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI secara virtual dari Gedung Bundar Sawahan, Kantor DPRD Padang, Senin (16/8/2021).

Hal itu dilakukan orang nomor satu di Kota Padang tersebut dalam Rapat Paripurna DPRD Padang yang dipimpin Ketua DPRD Padang Syafrial Kani dan Wakil Ketua DPRD Padang Arnedi Yarmen. Selain Anggota DPRD Padang juga diikuti unsur Forkopimda dan stakeholder terkait lainnya.

Seperti diketahui, usai Sidang Paripurna Tahunan MPR DPR RI, agenda pun dilanjutkan dengan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden terkait Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga Negara dan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI.

Selain Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin, kegiatan tersebut juga diikuti baik secara langsung dan virtual oleh para mantan Presiden dan Wapres RI. Diantaranya Tri Sutrisno, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono, Yusuf Kalla, Boediono.

Selanjutnya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman. Kemudian para Menteri Kabinet Indonesia Maju disertai Kapolri, Panglima TNI dan seluruh Anggota MPR-DPR-DPD RI hingga unsur penting lainnya.

Rapat yang dipimpin Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti itu diawali penyampaian terkait tugas konstitusional tahunan MPR selama 2020-2021 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Selanjutnya dalam Pidato Kenegaraannya Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal khususnya penekanan terhadap kebaikan dan kemajuan Negara Indonesia secara keseluruhan ke depan. Sebagaimana hal itu seiring tema peringatan HUT RI ke-76 di tahun 2021 tang mengambil tema “Indonesia Maju, Indonesia Tumbuh”.

“Semoga momentum tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh ini menjadi semboyan yang bisa kita raih dengan sikap terbuka. Terutama bagaimana bersama-sama dalam upaya penanganan Covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Indonesia tersebut juga menekankan terhadap bahwa pandemi telah memacu perubahan, yakni meninggalkan kebiasaan lama dan memaksa melakukan normalitas kehidupan yang baru.

“Untuk itu diharapkan kelembagaan pemerintah lintas sektoral melakukan konsolidasi tingkatkan sektor kesehatan. Reformasi struktural dalam rangka pembangunan ekonomi tetap menjadi agenda utama. Begitu juga ekosistem investasi dan kolaborasi di bidang usaha untuk memperkuat pengembangan ekonomi berkelanjutan harus terus dilakukan secara optimal,” tukas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan apresiasinya terkait keberadaan sistem peradilan berbasis elektronik selama pandemi telah membuat pelayanan publik secara cepat, transparan dan akuntabel.

Di akhir Pidato Kenegaraannya Presiden RI itu menyampaikan apresiasi danterima kasihnya kepada Ketua dan Anggota MPR-DPR dan DPD RI, seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta seluruh unsur pemegang kepentingan dan warga Negara Indonesia yang telah sama-sama berupaya menangani panfemi Covid-19 sejauh ini. Begitu juga dalam menjaga pertumbuhan sektor ekonomi dan sektor penting lainnya.(David Sumbar)