Nias Utara Dilanda Banjir, Bantuan Sosial Mulai Berdatangan

Gemantararaya.com (Nias Utara) Beberapa hari wilayah kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara diguyur hujan deras sehingga dibeberapa titik lokasi banjir termasuk jalan umum dan rumah warga.

Menyikapi bencana banjir yang terjadi dibeberapa kecamatan di wilayah kabupaten Nias Utara akibat curah hujan yang sangat tinggi sejak tanggal 14 Agustus 2021 hingga hari ini mencapai ketinggian 2 meter.

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd bersama Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si langsung tinjau lokasi banjir mulai dari desa Hilimbosi Awa’ai kecamatan Sitolu Ori, Humanga desa Baho kecamatan Lotu dan desa Muzoi kecamatan Lahewa Timur.

Pada saat itu turut serta Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, S.I.K, Dandim 0213 Letkol Inf Martky Jaya Peranginangin, Plh. Sekda Nias Utara Drs. Folo’o Harefa, MM dan para Kepala OPD Lingkup Pemerintah kabupaten Nias Utara. (Minggu, 15/8/2021).

Sebelum meninjau lokasi banjir, Bupati Nias Utara pimpin rapat yang dilaksanakan di SDN 071020 Awa’ai kabupaten Nias Utara.

Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu yang dikenal dikalangan masyarakat adalah Mr.Long menyampaikan bahwa setelah mendapatkan laporan dari Kepala BPBD Nias Utara Herman Zebua, S.Pd, kondisi banjir yang terjadi di beberapa kecamatan Sitolu Ori, kecamatan Lotu, kecamatan Lahewa Timur, kecamatan Sawo, kecamatan Alasa dan kecamatan Afulu.

Maka ditetapkan sebagai status tanggap darurat yang berlaku 3×24 jam terhitung sejak tanggal 15 Agustus 2021 s.d 17 Agustus 2021.

“Status tanggap darurat ini akan kita sesuaikan menurut perkembangan banjir. Namun untuk sementara kita tetapkan 3×24 jam.

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa kecuali korban kerugian material seperti bangunan rumah dan rumah ibadah yang rusak serta hewan ternak yang hilang di lokasi banjir terparah seperti di desa Hilimbosi dan desa Muzoi, ” jelas Mr.Long

Bupati Nias Utara berharap dukungan dari Kapolres Nias, Dandim 0213 Nias dan Basarnas Nias untuk membantu penanganan banjir yang melanda wilayah Nias Utara.

Sesuai dengan kebutuhan penyediaan perahu karet yang akan digunakan untuk mengevakuasi masyarakat yang berada di lokasi banjir maupun untuk digunakan masyarakat pada akses jalan yang digenangi banjir.

“Sangat dibutuhkan beberapa perahu karet dibeberapa titik banjir seperti di desa Hilimbosi Awa’ai kecamatan Sitolu Ori, Humanga desa Baho kecamatan Lotu dan desa Muzoi kecamatan Lahewa Timur, ”jelasnya.

Selanjutnya memerintahkan Kepala Pelaksana BPBD bersama Camat dan Kepala Desa untuk segera menyiapkan dapur umum dan posko bantuan Tanggap Darurat yang ditempatkan di SDN 071020 Awa’ai dan SDN desa Muzoi serta dapur umum di pasar Awa’ai serta di lokasi lainnya yang terkena banjir.

“Segera siapkan tong air, peralatan dapur umum, tenda, serta peralatan lainnya. Peralatan medis dan obat-obat yang diperlukan agar disiapkan oleh Dinas Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Nias dan Dandim 0213 Nias menyampaikan bahwa kami dari Kepolisian akan menyiapkan beberapa perahu karet untuk membantu masyarakat di daerah yang terkena banjir.

Selain itu, Polres Nias juga akan menyiapkan petugas medis yang bertugas untuk membantu masyarakat yang terkena penyakit akibat bencana banjir.

“Jika dibutuhkan, kita juga akan siapkan air bersih di lokasi yang ditetapkan sebagai posko tanggap darurat.

Mobil angkutan untuk mobilisasi masyarakat juga kita siapkan dan dapat digunakan jika diperlukan. Selain itu kita juga akan berikan bantuan masker. Saya harap, dalam pelaksanaan penanggulangan bencana ini kita tetap patuhi protokol kesehatan, ”tutupnya.

Setelah selesai rapat, Bupati bersama Wakil Bupati Nias Utara, Kapolres Nias, Dandim 0213 Nias, Plh.Sekda dan beberapa kepala OPD langsung meninjau lokasi titik banjir hingga sampai ke desa Muzoi kecamatan Lahewa Timur hingga menjelang malam.

Mulai dari hari minggu, 15 sampai dengan 16 Agustus 2021, Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, S.I.K. bersama Dandim 0213 Nias Letkol Inf. Martky Jaya Perangin-Angin beserta PJU Polres Nias dan Personil lainnya meninjau langsung lokasi yang terkena banjir di wilayah hukum Polres Nias serta memberikan bantuan sosial (berupa sembako) kepada warga yang terkena banjir akibat pasang surut di Nias Utara.

Hingga Senin 16 Agustus 2021 mulai berdatangan bantuan dari berbagai pihak

  1. PLN GUNUNGSITOLI NIAS
  2. KEMENTERIAN PUPR
  3. KEMENTERIAN SOSIAL
  4. LION’S CLUB DISTRICK 307-A2 MEDAN
  5. CV. UTAMA NIAS
  6. Polres Nias.
    7.Karang Taruna Nias Utara dan Juga dari organisasi dan juga beberapa perorangan.

Atas nama pemerintah daerah kabupaten Nias Utara Amizaro Waruwu mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh elemen yang telah berpartisipasi memberikan bantuan atas musibah ini, yang melanda masyarakat Nias Utara. (Fzal)

By Seru