Gemantararaya.com, Cileungsi(Kabupaten Bogor), jangan kaget bila berada di Cileungsi, pemandangan berlatar tumpukan sampah, bahkan sampah berserakan bukan hal langka atau asing lagi. Salah satu nya di Rawahingkik, Jalan Raya Cileungsi-Setu, tepat nya di sebrang Jalan rawa bangsa terlihat tumpukan sampah sepanjang puluhan meter yang mengluarkan bau busuk menyengat.

Dari pantauan Team Media Gemantararaya.com di lokasi, minggu(22/08/2021), tampak tumpukan sampah sepanjang puluhan meter disepanjang jalan raya, bau nya sangat menyengat, dan sampai hari ini,Rabu(25/08/2021) sampah tersebut masih menumpuk, padahal Jalan raya tersebut merupakan jalan lintas dan tidak terlalu jauh dari kantor kecamatan cileungsi.

Foto: sampah sudah 6 bulan menumpuk belum ada perhatian pihak terkait

Salah satu warga setempat bernama Pariyanto, yang juga merupakan pedagang Bakso kepada Gemantararaya.com, mengatakan bahwa tumpukan sampah sepanjang jalan tersebut sudah dibiarkan selama kurang lebih 6 bulan.

” Ini sampah sudah dapat biarkan selama kurang lebih 6 bulan, dulu sebelum ini pernah diangkut Pihak kebersihan Pemda 2 kali, tapi yang ini sudah 6 bulan gak diangkut, padahal kita rutin bayar uang kebersihan 25 ribu per bulan” ungkap nya.

Saat ditanya apakah Camat Cileungsi, Adhi nugraha sudah pernah meninjau terkait tumpukan sampah ini, Pariyanto mengatakan belum.

” Belum, saya kan dagang disini, jadi saya belum pernah melihat Pak Camat mendatangi atau meninjau keberadaan sampah ini, atau dari dinas terkait belum ada” ujar nya singkat.

Dengan keberadaan sampah ini terlihat bahwa kesadaran dan kepedulian Masyarakat masih minim sehingga membuang sampah sembarangan dipinggir jalan raya, dan tidak lepas dari responsive leading sector dan dinas terkait khususnya dalam membangun sinergitas antar dinas atau instansi terkait.

Marak nya keberadaan sampah di wilayah Cileungsi sangat bertolak belakang dengan Program utama Bupati Bogor, Ade Yasin bernama Pancakarsa yang merupakan 5 keinginan atau cita-cita untuk pembangunan dan pertumbuhan Kabupaten Bogor selama 5 tahun kedepan, khusus nya Karsa yang ke-2 tentang Bogor sehat. Adapun Pancakarsa Kabupaten bogor yaitu; Bogor membangun, Bogor sehat, Bogor cerdas, Bogor maju dan Bogor berkeadaban.(Marlon,S.E.).