Idham Saleh Zalukhu Kades Afulu di Berhentikan, Tak Hadiri Acara Sertijab

Gemantararaya.com (Nias Utara) Berdasarkan Surat Tugas Inspektur daerah kabupaten Nias Utara nomor 412.21472/DPMDII/VI/2021 tanggal 23 Juni 2021, tim telah melakukan pemeriksaan dan klarifikasi atas pengaduan BPD desa Afulu kecamatan Afulu kabupaten Nias Utara tentang pelaksanaan dana desa SILPA tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan pada tahun 2020.

Dimana dana SILPA TA 2019 yang dilaksanakan pada TA. 2020 dengan anggaran sebesar Rp. 584.483 200,- tidak sesuai dengan realisasi fisik di lapangan sehingga hasil pemeriksaan tim dari Inspektorat kabupaten Nias Utara pada pengelolaan dana SILPA TA 2019 tersebut oleh pemerintah desa Afulu yang dialokasikan pada pembangunan bronjong dan dwiker plat terdapat kekurangan volume pekerjaan, bahan material dan kekurangan dokumen pertanggungjawaban dengan nilai sebesar Rp.221.719.200.

Selanjutnya Bupati Nias Utara menerbitkan surat teguran secara tertulis nomor 700/29/REK-KASUS/ITDA/2021 tanggal 30 Juli 2021 dalam surat bupati tersebut menyampaikan bahwa apabila saudara kepala desa Afulu tidak dapat melaksanakan atau mengembalikan uang ke rekening kas desa Afulu senilai Rp. 221.719.200 (dua ratus dua puluh satu juta tujuh ratus sembilan belas ribu dua ratus rupiah) dalam jangka waktu untuk menindaklanjuti teguran tertulis ini paling lambat tanggal 11 Agustus 2021.

Apabila Saudara tidak mengindahkan teguran ini maka saudara akan diberikan sanksi administratif yang lebih tinggi derajatnya berupa pemberhentian sementara atau pemberhentian dari jabatan kepala desa Afulu sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan hasil pemeriksaan tindak lanjut surat bupati maka tim dari Inspektorat dan DPMD 14/08/2021 turun langsung di lapangan dan ternyata kepala desa Afulu tidak mengindahkan surat teguran dimaksud. Maka disampaikan surat kepada Camat Afulu untuk melaksanakan serah terima jabatan kades Afulu Nomor: 141.1/238/K/tahun 2021 dan surat Plh. Sekretaris Daerah nomor: 141/902/DPMD-VIII/2021 tentang penyampaian surat keputusan pemberhentian sementara kepala desa Afulu an. Idham saleh Zalukhu.

Berdasarkan surat bupati Nisut maka Camat Afulu Armanjas Waruwu melakukan pertemuan serah terima jabatan kades Afulu di aula kantor camat Afulu, Jumat 27/08/2021.

Sesuai dengan berita acara serah terima jabatan kades Afulu bahwa Idham Saleh Zalukhu dengan jabatannya kades Afulu diserah terimakan kepada Bezisokhi Zalukhu (Kasi Pemerintah Desa Afulu) selaku Plt. Kades Afulu selama tiga bulan.

Di tempat terpisah ketika kru media ini mengambil tanggapan salah satu tokoh masyarakat desa Afulu an Sonahia Gea atas pemberhentian sementara kepala desa Afulu beliau menyampaikan bahwa sangat prihatin dengan situasi desa Afulu dari dulu hingga pada saat. Dimana pemerintahan desa Afulu sebelumnya tidak pernah terjadi hal seperti ini, memang sangat disayangkan pemerintahan pak Idham Saleh Zalukhu sejak pemerintahan beliau mulai tahun 2017 dan 2018, 2019 dan 2020 semua terindikasi bermasalah. Saya sebagai tokoh masyarakat yang tidak luput dari silaf dan saya tak sangka pemberhentian sementara ini terjadi, saya juga selalu mengikuti perkembangan selama ini bahwa pernah di mediasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tentang masalah di desa Afulu.

Kemudian diberikan surat peringatan untuk segera menyelesaikan kegiatan yang belum diselesaikan hingga masuk surat teguran pertama dari bupati, tetapi tidak pernah dihiraukan oleh kadesnya, inilah dampak dari tidak menerima masukan dan kritikan.

Secara pribadi dan juga sebagai team pemenangan beliau mengucapkan terima kasih atas kepemimpinannya selama ini semoga masalah ini segera ditindak lanjutin dan dilaksanakan sehingga bisa kembali mengabdi menjadi pimpinan di desa Afulu hingga selesai masa periode kepala desa Afulu tahun 2023.

Juga saya mengucapkan selamat kepada bapak Plh kades Afulu hingga 3 bulan kedepan, semoga tugas dan amanah yang di terima hari ini dapat terlaksana dan penuh dengan bijaksana dalam memimpin desa Afulu sampai bulan November 2021. Semoga hak-hak dari masyarakat desa Afulu segera ditindaklanjut, “tutup Sonahia Gea”(Fzal)

By Geya